Kontribusi Motivasi Belajar dan Keaktifan Berorganisasi Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMA
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Adakah kontribusi motivasi belajar
terhadap prestasi belajar matematika. 2) Adakah kontribusi keaktifan berorganisasi terhadap
prestasi belajar matematika. 3) Adakah kontribusi motivasi belajar dan keaktifan berorganisasi
terhadap prestasi belajar matematika. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif yaitu
penelitian berupa pengumpulan data dan dinyatakan dalam bentuk angka-angka. Dari populasi
seluruh siswa SMA Al Firdaus Pabelan, diambil sampel dengan teknik purposive sampling.
Sampel penelitian diambil dari pengurus OSIS dan pengurus KOMDISWA sebanyak 30 siswa.
Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dan kuesioner (angket). Terlebih
dahulu angket diujicobakan dan diuji validitas serta reliabilitasnya untuk mengetahui tingkat
kesahihan dan keandalan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji f dan uji t. Hasil
penelitian, 1) ada kontribusi motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika dengan uji t
20,188 serta sumbangan relatif dan sumbangan efektif sebesar 66,62% dan 62,53%, 2) ada
kontribusi motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika dengan uji t 18,886 serta
sumbangan relatif sebesar 33,38% dan sumbangan efektif sebesar 31,33%, 3) ada kontribusi
bersama-sama motivasi belajar dan keaktifan berorganisasi terhadap prestasi belajar matematika
siswa dengan uji f .