• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) II 2017
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) II 2017
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Kontribusi Motivasi Belajar dan Keaktifan Berorganisasi Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMA

    Thumbnail
    View/Open
    PM-3 Asih Indriyani dan Sri Rejeki hal 247-254.pdf (453.9Kb)
    Date
    2017-03-18
    Author
    Indriyani, Asih
    Rejeki, Sri
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Adakah kontribusi motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika. 2) Adakah kontribusi keaktifan berorganisasi terhadap prestasi belajar matematika. 3) Adakah kontribusi motivasi belajar dan keaktifan berorganisasi terhadap prestasi belajar matematika. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif yaitu penelitian berupa pengumpulan data dan dinyatakan dalam bentuk angka-angka. Dari populasi seluruh siswa SMA Al Firdaus Pabelan, diambil sampel dengan teknik purposive sampling. Sampel penelitian diambil dari pengurus OSIS dan pengurus KOMDISWA sebanyak 30 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dan kuesioner (angket). Terlebih dahulu angket diujicobakan dan diuji validitas serta reliabilitasnya untuk mengetahui tingkat kesahihan dan keandalan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji f dan uji t. Hasil penelitian, 1) ada kontribusi motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika dengan uji t 20,188 serta sumbangan relatif dan sumbangan efektif sebesar 66,62% dan 62,53%, 2) ada kontribusi motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika dengan uji t 18,886 serta sumbangan relatif sebesar 33,38% dan sumbangan efektif sebesar 31,33%, 3) ada kontribusi bersama-sama motivasi belajar dan keaktifan berorganisasi terhadap prestasi belajar matematika siswa dengan uji f .
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/8782
    Collections
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) II 2017

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV