dc.identifier.citation | Azwar, S. (1996). Pengantar Psikologi Intelegensi. Yogyakarta: Pustaka utama. Bakar, Ramli. (2014). The Effect of Learning Motivation on Student’s Productive Competencies in Vocational High School, West Sumatra. International Journal of Asian Social Science, 2014, 4(6): 722-732. Padang: Universitas Negeri Padang. Cahyandaru, H. (2013). Kontribusi Keaktifan Siswa dalam Ekstrakurikuler terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI MAN Yogyakarta II. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta. Cleopatra, M. (2015). Kontribusi Gaya Hidup dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif 5(2): 168-181, 2015 ISSN: 2088-351X. Jakarta: Universitas Indraprasta PGRI. Feng, Hsiang-Yung. (2013). The Relationship of Learning Motivation and Achievement in Efl: Gender as an Intermediated Variable. ISSNL:2307-3713, ISSN: 23073721, vol. 2 October 2013. Taiwan: National United University. Huntsman, Jill. (2012). The Impact of Membership in Career And Technical Student Organizations (Ctso’s) Upon Student Acheivement. Missouri: Northwest Missouri State University Missouri Ihsani, F. (2013). Hubungan antara Siswa Mengikuti Organisasi Siswa Intra Sekolah dan Kedisiplinan Belajar dengan Prestasi Belajar Sosiologi Siswa Kelas X SMA Negeri 6 Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Ilmiah Pend. Sos Ant, Vol 3, No 1 (2013). Surakarta: Universitas Sebelas Maret. Iqomuddin, Y. (2013). Kontribusi Keaktifan Siswa dalam Organisasi di Sekolah dan Gaya Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Matematika. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta. Jariswandana, L. (2012). Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa dengan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write. Vol. 1 No. 1 (2012): Jurnal Pendidikan Matematika Hal. 81-86. Padang: Universitas Negeri Padang. Ruseffendi, E.T. (1991). Pengantar kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito. Sardiman. (1996). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Sarwar, Gul Shahzad. (2012). Teaching Practices and Student Motivation that Influence Student Achievement on Large-Scale Assessments. International Journal of Education ISSN 1948-5476, 2012, Vol. 4, No. 3. Kanada: University of Ottawa. Sarwoto. (1991). Dasar-dasar Organisasi dan Manajemen. Jakarta: Ghalia Indonesia. Sutama. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, PTK, R&D. Kartasura: Fairuz Media. Suryobroto, B.. (1997). Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta. Ulya, U. (2012). Kontribusi Minat Belajar dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas IV dan V pada MI Riyadlotul Ulum Kunir Kecamatan Dempet Kabupaten Demak Tahun Ajaran 2011/2012. Salatiga: STAIN Salatiga. Untari, E. (2015). Korelasi Keaktifan Siswa dalam Kegiatan Organisasi Sekolah dan Gaya Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Negeri Ngawi Tahun Ajaran 2014/2015. Media Prestasi Vol. XV No.2 Desember 2015 /_P-ISSN 1979 - 9225 e-ISSN 2356-2692. Ngawi: STKIP PGRI. Yulianto, I. (2012). Kontribusi Motivasi Belajar Matematika terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Gugus-II Kecamatan Pengasih Kabupaten Kulon Progo Tahun Pelajaran 2011-2012. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta. | in_ID |
dc.description.abstract | Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Adakah kontribusi motivasi belajar
terhadap prestasi belajar matematika. 2) Adakah kontribusi keaktifan berorganisasi terhadap
prestasi belajar matematika. 3) Adakah kontribusi motivasi belajar dan keaktifan berorganisasi
terhadap prestasi belajar matematika. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif yaitu
penelitian berupa pengumpulan data dan dinyatakan dalam bentuk angka-angka. Dari populasi
seluruh siswa SMA Al Firdaus Pabelan, diambil sampel dengan teknik purposive sampling.
Sampel penelitian diambil dari pengurus OSIS dan pengurus KOMDISWA sebanyak 30 siswa.
Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dan kuesioner (angket). Terlebih
dahulu angket diujicobakan dan diuji validitas serta reliabilitasnya untuk mengetahui tingkat
kesahihan dan keandalan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji f dan uji t. Hasil
penelitian, 1) ada kontribusi motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika dengan uji t
20,188 serta sumbangan relatif dan sumbangan efektif sebesar 66,62% dan 62,53%, 2) ada
kontribusi motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika dengan uji t 18,886 serta
sumbangan relatif sebesar 33,38% dan sumbangan efektif sebesar 31,33%, 3) ada kontribusi
bersama-sama motivasi belajar dan keaktifan berorganisasi terhadap prestasi belajar matematika
siswa dengan uji f . | in_ID |