• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) II 2017
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) II 2017
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Peningkatan Partisipasi dan Hasil Belajar Matematika Melalui Strategi Pembelajaran Tutor Sebaya

    Thumbnail
    View/Open
    PM-4 Danang Joko Mulyoto hal 255-262.pdf (444.9Kb)
    Date
    2017-03-18
    Author
    Mulyoto, Danang Joko
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan partisipasi dan hasil belajar matematika bagi siswa kelas VIII A SMP Negeri 3 Gondangrejo dengan strategi pembelajaran tutor sebaya dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah guru sebagai pemberi tindakan dan siswa kelas VIII A yang berjumlah 34 siswa sebagai penerima tindakan. Teknik pengumpulan data observasi, tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Data dianalisis secara komparatif dan interaktif. Keabsahan data dengan triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian, pertama peningkatan partisipasi siswa yaitu (a) motivasi dalam mengerjakan tugas dari kondisi awal 8,82%, siklus I 35,29%, dan siklus II 67,64%, (b) memberikan pendapat untuk pemecahan masalah dari kondisi awal 8,82%, siklus I 35,29%, dan siklus II 67,64%, dan (c) memberikan tanggapan terhadap pendapat orang lain dari kondisi awal 8,82%, siklus I 38,23%, dan siklus II 61,76%. Kedua peningkatan hasil belajar matematika dari kondisi awal 41,17%, siklus I 58,82%, dan siklus II 67,65%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran tutor sebaya dapat meningkatkan partisipasi dan hasil belajar matematika siswa.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/8783
    Collections
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) II 2017

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV