Peningkatan Partisipasi dan Hasil Belajar Matematika Melalui Strategi Pembelajaran Tutor Sebaya
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan partisipasi dan hasil belajar
matematika bagi siswa kelas VIII A SMP Negeri 3 Gondangrejo dengan strategi pembelajaran
tutor sebaya dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan
kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah guru sebagai pemberi tindakan dan siswa kelas VIII A
yang berjumlah 34 siswa sebagai penerima tindakan. Teknik pengumpulan data observasi, tes,
catatan lapangan dan dokumentasi. Data dianalisis secara komparatif dan interaktif. Keabsahan
data dengan triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian, pertama peningkatan partisipasi
siswa yaitu (a) motivasi dalam mengerjakan tugas dari kondisi awal 8,82%, siklus I 35,29%, dan
siklus II 67,64%, (b) memberikan pendapat untuk pemecahan masalah dari kondisi awal 8,82%,
siklus I 35,29%, dan siklus II 67,64%, dan (c) memberikan tanggapan terhadap pendapat orang
lain dari kondisi awal 8,82%, siklus I 38,23%, dan siklus II 61,76%. Kedua peningkatan hasil
belajar matematika dari kondisi awal 41,17%, siklus I 58,82%, dan siklus II 67,65%. Dapat
disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran tutor sebaya dapat meningkatkan partisipasi
dan hasil belajar matematika siswa.