dc.identifier.citation | Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta Flores, Marta dan David Duran. (2013). “Effects of Peer Tutoring on Reading Self-Concept”. International Journal of Educational Psychology, Vol. 2 No.3 Hal 297-324 Hardini, Isriani dan Dewi Puspitasari. 2012. Strategi Pembelajaran Terpadu (Teori, Konsep Dan Implementasi). Yogyakarta: Familia Komalasari, Kokom. 2010. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: PT. Refika Aditama Kusumah, Wijaya dan Dedi Dwitagama. 2012. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Indeks Kyriacou, Chris. 2011. Effective Teaching Theory and Practice. Bandung: Nusa Media Maulana. 2008. Pendekatan Metakognitif Sebagai Alternatif Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa PGSD. Jurnal Pendidikan Dasar Nomor 10 Oktober 2008: Diterbitkan. Mulongo, Godfrey. 2013. “Effect of Active Learning Teaching Methodology on Learner Participation”. Journal of Education and Practice, Vol.4 No. 4 Rusman. 2012. Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung: Alfabeta. | in_ID |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan partisipasi dan hasil belajar
matematika bagi siswa kelas VIII A SMP Negeri 3 Gondangrejo dengan strategi pembelajaran
tutor sebaya dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan
kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah guru sebagai pemberi tindakan dan siswa kelas VIII A
yang berjumlah 34 siswa sebagai penerima tindakan. Teknik pengumpulan data observasi, tes,
catatan lapangan dan dokumentasi. Data dianalisis secara komparatif dan interaktif. Keabsahan
data dengan triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian, pertama peningkatan partisipasi
siswa yaitu (a) motivasi dalam mengerjakan tugas dari kondisi awal 8,82%, siklus I 35,29%, dan
siklus II 67,64%, (b) memberikan pendapat untuk pemecahan masalah dari kondisi awal 8,82%,
siklus I 35,29%, dan siklus II 67,64%, dan (c) memberikan tanggapan terhadap pendapat orang
lain dari kondisi awal 8,82%, siklus I 38,23%, dan siklus II 61,76%. Kedua peningkatan hasil
belajar matematika dari kondisi awal 41,17%, siklus I 58,82%, dan siklus II 67,65%. Dapat
disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran tutor sebaya dapat meningkatkan partisipasi
dan hasil belajar matematika siswa. | in_ID |