Show simple item record

dc.contributor.authorMulyoto, Danang Joko
dc.date.accessioned2017-06-16T07:02:25Z
dc.date.available2017-06-16T07:02:25Z
dc.date.issued2017-03-18
dc.identifier.citationDjamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta Flores, Marta dan David Duran. (2013). “Effects of Peer Tutoring on Reading Self-Concept”. International Journal of Educational Psychology, Vol. 2 No.3 Hal 297-324 Hardini, Isriani dan Dewi Puspitasari. 2012. Strategi Pembelajaran Terpadu (Teori, Konsep Dan Implementasi). Yogyakarta: Familia Komalasari, Kokom. 2010. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: PT. Refika Aditama Kusumah, Wijaya dan Dedi Dwitagama. 2012. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Indeks Kyriacou, Chris. 2011. Effective Teaching Theory and Practice. Bandung: Nusa Media Maulana. 2008. Pendekatan Metakognitif Sebagai Alternatif Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa PGSD. Jurnal Pendidikan Dasar Nomor 10 Oktober 2008: Diterbitkan. Mulongo, Godfrey. 2013. “Effect of Active Learning Teaching Methodology on Learner Participation”. Journal of Education and Practice, Vol.4 No. 4 Rusman. 2012. Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung: Alfabeta.in_ID
dc.identifier.issn2502-6526
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/8783
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan partisipasi dan hasil belajar matematika bagi siswa kelas VIII A SMP Negeri 3 Gondangrejo dengan strategi pembelajaran tutor sebaya dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah guru sebagai pemberi tindakan dan siswa kelas VIII A yang berjumlah 34 siswa sebagai penerima tindakan. Teknik pengumpulan data observasi, tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Data dianalisis secara komparatif dan interaktif. Keabsahan data dengan triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian, pertama peningkatan partisipasi siswa yaitu (a) motivasi dalam mengerjakan tugas dari kondisi awal 8,82%, siklus I 35,29%, dan siklus II 67,64%, (b) memberikan pendapat untuk pemecahan masalah dari kondisi awal 8,82%, siklus I 35,29%, dan siklus II 67,64%, dan (c) memberikan tanggapan terhadap pendapat orang lain dari kondisi awal 8,82%, siklus I 38,23%, dan siklus II 61,76%. Kedua peningkatan hasil belajar matematika dari kondisi awal 41,17%, siklus I 58,82%, dan siklus II 67,65%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran tutor sebaya dapat meningkatkan partisipasi dan hasil belajar matematika siswa.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherProgram Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakartain_ID
dc.subjecthasil belajarin_ID
dc.subjectpartisipasiin_ID
dc.subjecttutor sebayain_ID
dc.titlePeningkatan Partisipasi dan Hasil Belajar Matematika Melalui Strategi Pembelajaran Tutor Sebayain_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record