Analisis Kesalahan Buku Siswa Matematika Kelas VII SMP/MTs Semester I Kurikulum 2013 Berdasarkan Objek Kajian Matematika dan Alternatif Perbaikannya
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian analisis konten terhadap kesalahan isi buku. Tujuan
penelitian ini, yaitu: 1) Mengetahui apa saja kesalahan yang ada dalam buku siswa matematika
kelas VII SMP/MTs Semester I Kurikulum 2013 yang diterbitkan oleh Kemendikbud 2013 (Edisi
revisi 2016); 2) Memberikan alternatif perbaikan terhadap kesalahan yang ada pada buku
tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif.
Pendeskripsian dilakukan dengan cara memberikan gambaran tentang keseluruhan isi buku.
Proses analisis pada penelitian ini, yaitu membaca dan menganalisis buku yang menjadi sumber
data untuk mengetahui apakah terdapat kesalahan penyajian berdasarkan objek kajian
matematika pada buku tersebut. Hasil penelitian disimpulkan terdapat 5 kesalahan berkaitan
dengan fakta, 4 kesalahan berkaitan dengan operasi, 5 kesalahan berkaitan dengan konsep, dan 1
kesalahan berkaitan dengan prinsip. Alternatif perbaikan untuk kesalahan pada buku tersebut,
yaitu: penggunaan istilah, lambang, maupun notasi sesuai konvensi; pembenaran hasil operasi
yang salah; perbaikan konsep yang belum tepat; dan penyajian prinsip matematika yang utuh.