dc.identifier.citation | Arikunto, S. (2007). Manajemen Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta. Atmaja, I. M. D. (2014), Ethnomatematika Pencipta Lagu dan Kaitannya dengan Materi Pembelajaran Matematika. Jurnal Santiaji Pendidikan, 4(1). Hasrattudin. (2014). Pembelajaran Matematika Sekarang dan yang akan Datang Berbasis Karakter. Jurnal Didaktik Matematika, 1(2), 30-42. Mulyadi, Yadi. (Eds.). (2014). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika: Pemecahan Masalah Matematika. Bandung: Program Pascasarjana Pendidikan Matematika Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Siliwangi Bandung. Musser, G. L., Burger, B. E., & Peterson, B. E. (2011). Mathematics for Elementary Teachers A Contemporary Approach 9th eddition. USA: Jhon Wiley & Sons, Inc. Prastowo, A. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press. Ramon, O. G., & Oluyemi, A. S. (2012). Classroom Physical Environment, Teaching Materials, Teacher’s Technical Skills and Learning Outcomes in Secondary School Mathematics in Nigeria. European Journal of Humanities and Social Sciences, 16, 821-830. Setiadi, H., Mahdiansyah., Rosnawati., Fahmi., & Afiani, E. (2012). Kemampuan Matematika Siswa SMP Indonesia (Menurut Benchmark Internasional TIMSS 2011). Jakarta: Pusat Penelitian Pendidikan Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Soedjadi, R. (2000). Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Nasional. Suherman, E. (2001). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Jica. Sutama. (2015). Metode Penelitian Pendidikan: Kuantitatif, Kualitatif, PTK, R & D. Surakarta: Fairuz Media. Tunde, B., &Gabriella, S. (2011). Examination of Mathematics Textbooks in Use in Hungarian Primary Schools in Romania. Acta Didactica Napocensia, 4(2-3), 47-57. | in_ID |
dc.description.abstract | Penelitian ini merupakan penelitian analisis konten terhadap kesalahan isi buku. Tujuan
penelitian ini, yaitu: 1) Mengetahui apa saja kesalahan yang ada dalam buku siswa matematika
kelas VII SMP/MTs Semester I Kurikulum 2013 yang diterbitkan oleh Kemendikbud 2013 (Edisi
revisi 2016); 2) Memberikan alternatif perbaikan terhadap kesalahan yang ada pada buku
tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif.
Pendeskripsian dilakukan dengan cara memberikan gambaran tentang keseluruhan isi buku.
Proses analisis pada penelitian ini, yaitu membaca dan menganalisis buku yang menjadi sumber
data untuk mengetahui apakah terdapat kesalahan penyajian berdasarkan objek kajian
matematika pada buku tersebut. Hasil penelitian disimpulkan terdapat 5 kesalahan berkaitan
dengan fakta, 4 kesalahan berkaitan dengan operasi, 5 kesalahan berkaitan dengan konsep, dan 1
kesalahan berkaitan dengan prinsip. Alternatif perbaikan untuk kesalahan pada buku tersebut,
yaitu: penggunaan istilah, lambang, maupun notasi sesuai konvensi; pembenaran hasil operasi
yang salah; perbaikan konsep yang belum tepat; dan penyajian prinsip matematika yang utuh. | in_ID |