Implementasi Problem Based Learning Berbasis Numbered Heads Together dan Thinks Pair Share Dalam Pembelajaran Matematika Ditinjau dari Komunikasi Matematika pada Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Banyudono
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) pengaruh model pembelajaran terhadap
hasil belajar matematika, (2) pengaruh komunikasi matematika terhadap hasil belajar
matematika, (3) interaksi antara model pembelajaran dengan komunikasi matematika terhadap
hasil belajar matematika. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan memberikan
perlakuan model pembelajaran. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik cluster random
sampling, sehingga diperoleh kelas XI AP 2 sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas XI AP 1 sebagai
kelas eksperimen 2, dan kelas XI PM 1 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang
digunakan berupa angket komunikasi matematika dan tes hasil belajar matematika. Teknik
analisis data dengan analisis variansi dua jalur sel tak sama. Sebelum uji analisis dilakukan,
sampel harus dilakukan uji keseimbangan dan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji
homogenitas. Berdasarkan hasil penelitian dengan signifikasi 5% diperoleh : (1) terdapat
pengaruh model terhadap hasil belajar matematika, (2) tidak terdapat pengaruh komunikasi
matematika terhadap hasil belajar matematika, (3) tidak ada interaksi antara model pembelajaran
dan komunikasi matematika terhadap hasil belajar matematika.