dc.identifier.citation | Eva, Mahyati Nurul. (2016). Pembelajaran Berbasis Masalah Melalui Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Biologi dan Retensi Siswa. Kontruktivisme, 8(2), 131-148. Diakses pada tanggal 2 februari 2017, dari http://kontruktivisme.unibablitar.ejournal.web.id. Indayana, Tanjung Febriani. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) dan Number Heads Together (NHT) terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Madrasah Aliyah Negeri 1 Medan, Jurnal Pendidikan dan Tekhnologi Penddidikan, 6(1), 1-17. Kusumaningtias, Anyta, Siti Zubaidah dan Sri Endah Indriwati. (2013). Pengaruh Problem Based Learning dipadu Strategi Number Heads Together terhadap Kemampuan Metakognitif, Berpikir Kritis, dan Kognitif Biologi. Jurnal Penelitian Kependidikan, 23(1), 33-47. Mahmudi, Ali. (2009). Komunikasi dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal MIPA UNHALU, 8, 1-9. Medistiara, Yulida. (2015). Nilai Rata-rata UN SMA 2016 Turun 6 Poin dari Tahun 2015. Diakses pada 18 oktober 2016, dari http://news.detik.com/berita/3206228/nilai-rata-rata-un-sma-2016turun-6-poin-dari-tahun-2015 National Council of Teacher of Mathematics. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. Reston: NCTM. Setiadi, Hari, dkk. (2011). Kemampuan Matematika SMP Indonesia Berdasarkan Benchmark TIMSS 2011. Diakses pada 15 Oktober 2016 dari https://litbang.kemendikbud.go.id/data/puspendik/hasil%2520RISET/ TIMSS/LAPORAN%2520TIMSS%25202011%2520Kemampuan%25 20Matematika%2520Siswa%2520SMP%2520Indonesia%2520Berdas arkan%2520Benchmark%2520TIMSS%25202011.pdf. Sutama. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Kauntitaif, Kualitatif, PTK, R & D. Surakarta: Fairuz Media. | in_ID |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) pengaruh model pembelajaran terhadap
hasil belajar matematika, (2) pengaruh komunikasi matematika terhadap hasil belajar
matematika, (3) interaksi antara model pembelajaran dengan komunikasi matematika terhadap
hasil belajar matematika. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan memberikan
perlakuan model pembelajaran. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik cluster random
sampling, sehingga diperoleh kelas XI AP 2 sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas XI AP 1 sebagai
kelas eksperimen 2, dan kelas XI PM 1 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang
digunakan berupa angket komunikasi matematika dan tes hasil belajar matematika. Teknik
analisis data dengan analisis variansi dua jalur sel tak sama. Sebelum uji analisis dilakukan,
sampel harus dilakukan uji keseimbangan dan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji
homogenitas. Berdasarkan hasil penelitian dengan signifikasi 5% diperoleh : (1) terdapat
pengaruh model terhadap hasil belajar matematika, (2) tidak terdapat pengaruh komunikasi
matematika terhadap hasil belajar matematika, (3) tidak ada interaksi antara model pembelajaran
dan komunikasi matematika terhadap hasil belajar matematika. | in_ID |