Show simple item record

dc.contributor.authorSuryani, Dwi
dc.date.accessioned2017-06-17T00:14:37Z
dc.date.available2017-06-17T00:14:37Z
dc.date.issued2017-03-18
dc.identifier.citationEva, Mahyati Nurul. (2016). Pembelajaran Berbasis Masalah Melalui Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Biologi dan Retensi Siswa. Kontruktivisme, 8(2), 131-148. Diakses pada tanggal 2 februari 2017, dari http://kontruktivisme.unibablitar.ejournal.web.id. Indayana, Tanjung Febriani. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) dan Number Heads Together (NHT) terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Madrasah Aliyah Negeri 1 Medan, Jurnal Pendidikan dan Tekhnologi Penddidikan, 6(1), 1-17. Kusumaningtias, Anyta, Siti Zubaidah dan Sri Endah Indriwati. (2013). Pengaruh Problem Based Learning dipadu Strategi Number Heads Together terhadap Kemampuan Metakognitif, Berpikir Kritis, dan Kognitif Biologi. Jurnal Penelitian Kependidikan, 23(1), 33-47. Mahmudi, Ali. (2009). Komunikasi dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal MIPA UNHALU, 8, 1-9. Medistiara, Yulida. (2015). Nilai Rata-rata UN SMA 2016 Turun 6 Poin dari Tahun 2015. Diakses pada 18 oktober 2016, dari http://news.detik.com/berita/3206228/nilai-rata-rata-un-sma-2016turun-6-poin-dari-tahun-2015 National Council of Teacher of Mathematics. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. Reston: NCTM. Setiadi, Hari, dkk. (2011). Kemampuan Matematika SMP Indonesia Berdasarkan Benchmark TIMSS 2011. Diakses pada 15 Oktober 2016 dari https://litbang.kemendikbud.go.id/data/puspendik/hasil%2520RISET/ TIMSS/LAPORAN%2520TIMSS%25202011%2520Kemampuan%25 20Matematika%2520Siswa%2520SMP%2520Indonesia%2520Berdas arkan%2520Benchmark%2520TIMSS%25202011.pdf. Sutama. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Kauntitaif, Kualitatif, PTK, R & D. Surakarta: Fairuz Media.in_ID
dc.identifier.issn2502-6526
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/8786
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) pengaruh model pembelajaran terhadap hasil belajar matematika, (2) pengaruh komunikasi matematika terhadap hasil belajar matematika, (3) interaksi antara model pembelajaran dengan komunikasi matematika terhadap hasil belajar matematika. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan memberikan perlakuan model pembelajaran. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik cluster random sampling, sehingga diperoleh kelas XI AP 2 sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas XI AP 1 sebagai kelas eksperimen 2, dan kelas XI PM 1 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket komunikasi matematika dan tes hasil belajar matematika. Teknik analisis data dengan analisis variansi dua jalur sel tak sama. Sebelum uji analisis dilakukan, sampel harus dilakukan uji keseimbangan dan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan hasil penelitian dengan signifikasi 5% diperoleh : (1) terdapat pengaruh model terhadap hasil belajar matematika, (2) tidak terdapat pengaruh komunikasi matematika terhadap hasil belajar matematika, (3) tidak ada interaksi antara model pembelajaran dan komunikasi matematika terhadap hasil belajar matematika.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherProgram Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakartain_ID
dc.subjectmodel pembelajaranin_ID
dc.subjectkomunikasi matematikain_ID
dc.subjecthasil belajar matematikain_ID
dc.titleImplementasi Problem Based Learning Berbasis Numbered Heads Together dan Thinks Pair Share Dalam Pembelajaran Matematika Ditinjau dari Komunikasi Matematika pada Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Banyudonoin_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record