Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match dan Think Pair Share (TPS) Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Kreativitas Siswa
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Manakah yang mempunyai prestasi
belajar matematika yang lebih baik, siswa yang dikenai model pembelajaran kooperatif tipe Make
A Match atau TPS. (2) Manakah yang mempunyai prestasi belajar matematika yang lebih
baik,siswa yang memiliki kreativitas tinggi, sedang, atau rendah. (3) Apakah terdapat interaksi
antara model pembelajaran dan kreativitas terhadap prestasi belajar matematika. Penelitian ini
merupakan penelitian eksperimental semu dengan desain faktorial 2x3. Populasi penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Widodaren Semester Ganjil Tahun Pelajaran
2016/2017. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Pengujian hipotesis
menggunakan analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama. Berdasarkan hasil pengujian
hipotesis, diperoleh simpulan bahwa (1) Prestasi belajar matematika siswa yang dikenai model
pembelajaran TPS lebih baik dibandingkan prestasi belajar matematika siswa yang dikenai model
pembelajaran kooperatif tipe Make A Match. (2) Prestasi belajar matematika siswa yang memiliki
kreativitas tinggi lebih baik dibandingkan prestasi belajar matematika siswa yang memiliki
kreativitas sedang maupun rendah, dan prestasi belajar matematika siswa yang memiliki
kreativitas sedang lebih baik dibandingkan prestasi belajar matematika siswa yang memiliki
kreativitas rendah. (3) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan kreativitas
terhadap prestasi belajar matematika.