dc.contributor.author | Untari, Erny | |
dc.date.accessioned | 2017-06-17T00:54:51Z | |
dc.date.available | 2017-06-17T00:54:51Z | |
dc.date.issued | 2017-03-18 | |
dc.identifier.citation | Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. . 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta. Budiyono. 2009 . Statistika untuk Penelitian. Surakarta. UNS Press. ________ 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan Edisi ke-1. Surakarta: UNS Press. Hamdani. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Mulyasa. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: PT. Tarsito Bandung Supardi U.S. 2015. Peran Berpikir Kreatif Dalam Proses Pembelajaran Matematika. Jurnal Formatif 2(3): 248-262 Rachmawati,Yeni dkk. 2010. Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Taman Kanak-kanak. Jakarta: Kencana Slavin,Robert E. 2005. Cooperative Learning. Bandung: Nusa Media Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana | in_ID |
dc.identifier.issn | 2502-6526 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/8787 | |
dc.description.abstract | Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Manakah yang mempunyai prestasi
belajar matematika yang lebih baik, siswa yang dikenai model pembelajaran kooperatif tipe Make
A Match atau TPS. (2) Manakah yang mempunyai prestasi belajar matematika yang lebih
baik,siswa yang memiliki kreativitas tinggi, sedang, atau rendah. (3) Apakah terdapat interaksi
antara model pembelajaran dan kreativitas terhadap prestasi belajar matematika. Penelitian ini
merupakan penelitian eksperimental semu dengan desain faktorial 2x3. Populasi penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Widodaren Semester Ganjil Tahun Pelajaran
2016/2017. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Pengujian hipotesis
menggunakan analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama. Berdasarkan hasil pengujian
hipotesis, diperoleh simpulan bahwa (1) Prestasi belajar matematika siswa yang dikenai model
pembelajaran TPS lebih baik dibandingkan prestasi belajar matematika siswa yang dikenai model
pembelajaran kooperatif tipe Make A Match. (2) Prestasi belajar matematika siswa yang memiliki
kreativitas tinggi lebih baik dibandingkan prestasi belajar matematika siswa yang memiliki
kreativitas sedang maupun rendah, dan prestasi belajar matematika siswa yang memiliki
kreativitas sedang lebih baik dibandingkan prestasi belajar matematika siswa yang memiliki
kreativitas rendah. (3) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan kreativitas
terhadap prestasi belajar matematika. | in_ID |
dc.language.iso | id | in_ID |
dc.publisher | Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta | in_ID |
dc.subject | Kreativitas | in_ID |
dc.subject | Make A Match | in_ID |
dc.subject | Prestasi Belajar Matematika | in_ID |
dc.subject | TPS | in_ID |
dc.title | Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match dan Think Pair Share (TPS) Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Kreativitas Siswa | in_ID |
dc.type | Article | in_ID |