Implementasi Penilaian Diri Siswa dalam Pembelajaran Matematika Berbasis Cooperative Learning Tipe STAD Pada Siswa Kelas VIII Smp Muhammadiyah 1 Sukoharjo Tahun Ajaran 2016/2017
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman guru di SMP Muhammadiyah 1 Sukoharjo tentang penilaian diri siswa, mendeskripsikan implementasi penilaian diri siswa dalam pembelajaran matematika berbasis cooperative learning tipe STAD, mendeskripsikan kendala dalam pembelajaran matematika berbasis cooperative learning tipe STAD dengan penilaian diri siswa. Berdasarkan pendekatannya penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu kelas VIIID SMP Muhammadiyah 1 Sukoharjo yang berjumlah 25 siswa. teknik pengumpulan data menggunakan angket, observai, tes, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik yaitu dengan membandingkan data hasil dari angket, observai, tes, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data serta penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa: (1) guru di SMP Muhammadiyah 1 Sukoharjo sudah mengerti tentang penilaian diri tetapi belum menerapkannya terhadap siswa secara optimal (2) hasil ketuntasan pada pertemuan pertama sebesar 36% (8 siswa) dengan rata-rata marginal 70 dan persentase penilain diri 50% (11 siswa) memperoleh kriteria Sangat Baik (SB), 32% (7 siswa) memperoleh kriteria Baik (B), dan 18% (4 siswa) memperoleh kriteria Cukup (C). Pertemuan kedua sebesar 61% (11 siswa) dengan rata-rata marginal 77 dan persentase penialain diri 50% (9 siswa) memperoleh kriteria Sangat Baik (SB), 33% (6 siswa) memperoleh kriteria Baik (B), dan 17% (3 siswa) memperoleh kriteria Cukup (C). pada pertemuan ketiga sebesar 37% (9 siswa) dengan rata-rata marginal 68 dan persentase penialain diri 54% (13 siswa) memperoleh kriteria Sangat Baik (SB), 29% (7 siswa) memperoleh kriteria Baik (B), dan 17% (4 siswa) memperoleh kriteria Cukup (C) (3) kendala yang dihadapi dalam penelitian adalah siswa tidak memperhatikan penjelasan peneliti, kurangnya keantusiasan siswa, teknik penilaian yang digunakan merupakan hal yang baru bagi siswa.