Kontribusi Sikap Disiplin, Fasilitas Belajar, Monitoring Orang Tua Terhadap Kemandirian Dampaknya Pada Hasil Belajar Matematika Siswa SMP
View/ Open
Date
2017-05-14Author
Apriliani, Farida Atma
Sutama, Sutama
Metadata
Show full item recordAbstract
Tujuan penelitian, (1) menguji kontribusi sikap disiplin, fasilitas belajar, dan monitoring orang tua terhadap hasil belajar matematika secara tidak langsung melalui kemandirian siswa, (2) menguji kontribusi sikap disiplin, fasilitas belajar, dan monitoring orang tua terhadap kemandirian siswa, dan (3) menguji kontribusi kemandirian siswa terhadap hasil belajar matematika. Jenis penelitian kuantitatif. Populasi penelitian 163 siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 5 Surakarta. Sampel penelitian 116 siswa ditentukan dengan rumus slovin. Teknik pengambilan sampel menggunakan proporsional random sampling. Teknik pengumpulan data data dengan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis jalur. Hasil penelitian dengan , (1) sikap disiplin, fasilitas belajar, monitoring orang tua memberikan kontribusi secara simultan terhadap hasil belajar matematika melalui kemandirian. Secara parsial, sikap disiplin dan fasilitas belajar tidak berkontribusi secara langsung terhadap hasil belajar matematika dan secara tidak langsung berkontribusi positif melalui kemandirian. Monitoring orang tua tidak berkontribusi baik secara langsung maupun tidak langsung melalui kemandirian terhadap hasil belajar matematika. (2) sikap disiplin, fasilitas belajar, monitoring orang tua memberikan kontribusi secara simultan terhadap kemandirian. Secara parsial, sikap disiplin mempengaruhi kemandirian sebesar 4,28%. Fasilitas belajar mempengaruhi kemandirian sebesar 16,73%. Monitoring orang tua tidak mempengaruhi kemandirian sebesar 0,10%. (3) kemandirian memberikan kontribusi terhadap hasil belajar matematika.