• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Sempoa : Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, dan Olimpiade Matematika
    • Prosiding Sempoa : Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, dan Olimpiade Matematika 3 2017
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Sempoa : Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, dan Olimpiade Matematika
    • Prosiding Sempoa : Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, dan Olimpiade Matematika 3 2017
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Kontribusi Sikap Disiplin, Fasilitas Belajar, Monitoring Orang Tua Terhadap Kemandirian Dampaknya Pada Hasil Belajar Matematika Siswa SMP

    Thumbnail
    View/Open
    18. Makalah Revisi_Farida.pdf (336.8Kb)
    Date
    2017-05-14
    Author
    Apriliani, Farida Atma
    Sutama, Sutama
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan penelitian, (1) menguji kontribusi sikap disiplin, fasilitas belajar, dan monitoring orang tua terhadap hasil belajar matematika secara tidak langsung melalui kemandirian siswa, (2) menguji kontribusi sikap disiplin, fasilitas belajar, dan monitoring orang tua terhadap kemandirian siswa, dan (3) menguji kontribusi kemandirian siswa terhadap hasil belajar matematika. Jenis penelitian kuantitatif. Populasi penelitian 163 siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 5 Surakarta. Sampel penelitian 116 siswa ditentukan dengan rumus slovin. Teknik pengambilan sampel menggunakan proporsional random sampling. Teknik pengumpulan data data dengan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis jalur. Hasil penelitian dengan , (1) sikap disiplin, fasilitas belajar, monitoring orang tua memberikan kontribusi secara simultan terhadap hasil belajar matematika melalui kemandirian. Secara parsial, sikap disiplin dan fasilitas belajar tidak berkontribusi secara langsung terhadap hasil belajar matematika dan secara tidak langsung berkontribusi positif melalui kemandirian. Monitoring orang tua tidak berkontribusi baik secara langsung maupun tidak langsung melalui kemandirian terhadap hasil belajar matematika. (2) sikap disiplin, fasilitas belajar, monitoring orang tua memberikan kontribusi secara simultan terhadap kemandirian. Secara parsial, sikap disiplin mempengaruhi kemandirian sebesar 4,28%. Fasilitas belajar mempengaruhi kemandirian sebesar 16,73%. Monitoring orang tua tidak mempengaruhi kemandirian sebesar 0,10%. (3) kemandirian memberikan kontribusi terhadap hasil belajar matematika.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/8794
    Collections
    • Prosiding Sempoa : Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, dan Olimpiade Matematika 3 2017

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV