Show simple item record

dc.contributor.authorApriliani, Farida Atma
dc.contributor.authorSutama, Sutama
dc.date.accessioned2017-06-17T01:40:56Z
dc.date.available2017-06-17T01:40:56Z
dc.date.issued2017-05-14
dc.identifier.citation[1] Prianto, H. 2013. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Pendekatan Matematika Realistik (PMR) Siswa Kelas II-A MI Alhikam Geger Madiun Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(1): 91-104. [2] Fitriana, S., Hisyam, I., Suwardi, A. 2015. Pengaruh Efikasi Diri, Aktivitas, Kemandirian dan Kemampuan Berfikir Logis terhasip Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas VIII SMP. Journal of EST, 1(2), 86-101. [3] Cristou, N., & Ivo, D. D. 2010. A Study of Students’ Learning Styles, Discipline Attitudes and Knowlegde Acquisition in Technology-Enchanced Probability and Statistics Education. Merlot Journal of Online Learning and Teaching, 6(3), 546-572. [4] Sopiatin, P. 2010. Manajemen Belajar Berbasis Kepuasan Siswa. Bogor: Ghalia Indonesia. [5] Sukartawi. 1995. Monitoring dan Evaluasi. Jakarta: Pustaka Jaya. [6] Mahmud. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia. [7] Kuncoro, E. A. dan Riduwan,. 2013. Cara Menggunakan dan Memaknai Path Analysis (Analisis Jalur). Bandung: Alfabeta. [8] Retnowati, S. 2016. Hubungan Fasilitas, Kemandirian, dan Kecemasan Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika pada Siswa Kelas VIII SMP di Kecamatan Puring Tahun Pelajaran 2015/2016. Ekuivalen, 106-111. [9] Hapsari, S. A. dan Sutama. 2015. Kontribusi Kemandirian terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Fasilitas Belajar dan Jarak Tempat Tinggal Siswa SMK. Jurnal Matematika. 158-165. [10] Kwakye, E. O. 2013. Availability of Supportive Facilities for Effective Teaching. Hipatia Press, 3(2), 130-146. [11] Kordi, A., Baharudin, R. 2010. Parenting Attitude and Styles and Its Effect on Children’s School Achievements. International Journal of Psychological Studies, 2(2), 217-222. [12] Afero, B. dan Adman. Peran Kecerdasan Emosional sebagai Faktor yang Mempengaruhi Kemandirian Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 226-234. [13] Liu, M., dan Shi, J. 2015. Chinese University Students’ Learning Styles: Gender and Discipline Differences. Institute for Learning Styles Jornal, 1, 1-16. [14] Priastuti, A. W. dan Slamet HW. Dukungan Fasilitas dan Lingkungan Keluarga terhadap Prestasi Belajar Matematika di SMP. Jurnal Matematika. 1-8. [15] Suharti. Muhammad D., Suwardi A. 2015. Pengaruh Pola Asuh Demokratis, Interaksi Sosial Teman Sebaya, Kecerdasan Emosional dan Efikasi Diri terhadap Hasil Belajar matematika Siswa Kelas VIII SMPN Se Kecamatan Manggala di Kota Makassar. Jurnal Daya Matematis, 3(1), 10-19. [16] Nagpal, K., Priyamakhija, James, L., & Gyanprakash. 2013. Independent Learning and Student Development. IRJC, 2(2), 27-3. [17] Wijaya, Rasman S. 2015. Hubungan Kemandirian dengan Aktivitas Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling, 1(3), 40-45. [18] Ismail, Yamin, Usman G., & Siswati P. Hubungan antara Kemandirian Belajar dengan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Materi Volume Kubus dan Balok di Kelas VIII SMP Negeri 3 Gorontalo. Jurnal Matematika. 1-13.in_ID
dc.identifier.issn2528-4630
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/8794
dc.description.abstractTujuan penelitian, (1) menguji kontribusi sikap disiplin, fasilitas belajar, dan monitoring orang tua terhadap hasil belajar matematika secara tidak langsung melalui kemandirian siswa, (2) menguji kontribusi sikap disiplin, fasilitas belajar, dan monitoring orang tua terhadap kemandirian siswa, dan (3) menguji kontribusi kemandirian siswa terhadap hasil belajar matematika. Jenis penelitian kuantitatif. Populasi penelitian 163 siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 5 Surakarta. Sampel penelitian 116 siswa ditentukan dengan rumus slovin. Teknik pengambilan sampel menggunakan proporsional random sampling. Teknik pengumpulan data data dengan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis jalur. Hasil penelitian dengan , (1) sikap disiplin, fasilitas belajar, monitoring orang tua memberikan kontribusi secara simultan terhadap hasil belajar matematika melalui kemandirian. Secara parsial, sikap disiplin dan fasilitas belajar tidak berkontribusi secara langsung terhadap hasil belajar matematika dan secara tidak langsung berkontribusi positif melalui kemandirian. Monitoring orang tua tidak berkontribusi baik secara langsung maupun tidak langsung melalui kemandirian terhadap hasil belajar matematika. (2) sikap disiplin, fasilitas belajar, monitoring orang tua memberikan kontribusi secara simultan terhadap kemandirian. Secara parsial, sikap disiplin mempengaruhi kemandirian sebesar 4,28%. Fasilitas belajar mempengaruhi kemandirian sebesar 16,73%. Monitoring orang tua tidak mempengaruhi kemandirian sebesar 0,10%. (3) kemandirian memberikan kontribusi terhadap hasil belajar matematika.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherHMP Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Surakartain_ID
dc.subjectsikap disiplinin_ID
dc.subjectfasilitas belajarin_ID
dc.subjectmonitoring orang tuain_ID
dc.subjectkemandirianin_ID
dc.subjecthasil belajar matematikain_ID
dc.titleKontribusi Sikap Disiplin, Fasilitas Belajar, Monitoring Orang Tua Terhadap Kemandirian Dampaknya Pada Hasil Belajar Matematika Siswa SMPin_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record