• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Sempoa : Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, dan Olimpiade Matematika
    • Prosiding Sempoa : Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, dan Olimpiade Matematika 3 2017
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Sempoa : Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, dan Olimpiade Matematika
    • Prosiding Sempoa : Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, dan Olimpiade Matematika 3 2017
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Upaya Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreativitas dalam Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Open-Ended Siswa Kelas XI SMK Muhammadiyah 2 Surakarta

    Thumbnail
    View/Open
    22.Makalah Revisi Arum Aisa.pdf (173.9Kb)
    Date
    2017-05-14
    Author
    Putri, Arum Aisa
    Sutarni, Sri
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan penelitian: (1) Meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran matematika melalui pendekatan Open-Ended. (2) Meningkatkan kreativitas siswa dalam pembelajaran matematika melalui pendekatan Open-Ended. Jenis penelitian Kualitatif dengan desain Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas XI AK-PM dan guru matematika SMK Muhammadiyah 2 Surakarta. Teknik pengumpulan data dengan metode pokok serta metode bantu. Hasil penelitian: (1) Terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa, meliputi (a) kemampuan memberikan penjelasan sederhana dengan menganalisis pertanyaan meningkat dari 3 siswa (11,11%) menjadi 20 siswa (74,07%); (b) kemampuan memberikan penjelasan lanjut dengan mengidentifikasi asumsi meningkat dari 2 siswa (7,41%) menjadi 14 siswa (51,85%); (c) kemampuan mengatur strategi dan taktik dengan menentukan dan menuliskan solusi dari permasalahan meningkat dari 3 siswa (11,11%) menjadi 23 siswa (85,19); dan (d) kemampuan menentukan kesimpulan meningkat dari 4 siswa (14,81%) menjadi 21 siswa (77,78). (2) Terdapat peningkatan kreativitas siswa, meliputi (a) kreativitas dalam bertanya meningkat dari 4 siswa (14,81%) menjadi 18 siswa (66,67%); (b) kreativitas dalam mengemukakan ide atau pendapat meningkat dari 2 siswa (7,41%) menjadi 15 siswa (55,56%); (c) kreativitas dalam memberikan jawaban atas pertanyaan dari guru meningkat dari 2 siswa (7,41%) menjadi 14 siswa (51,84%) dan (d) kreativitas dalam mengerjakan soal latihan di depan kelas meningkat dari 3 siswa (11,11%) menjadi 19 siswa (70,37%)
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/8799
    Collections
    • Prosiding Sempoa : Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, dan Olimpiade Matematika 3 2017

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV