dc.contributor.author | Putri, Arum Aisa | |
dc.contributor.author | Sutarni, Sri | |
dc.date.accessioned | 2017-06-17T02:08:44Z | |
dc.date.available | 2017-06-17T02:08:44Z | |
dc.date.issued | 2017-05-14 | |
dc.identifier.citation | [1] Novikasari, Ifada. 2009. “Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Pembelajaran Matematika Open-Ended di Sekolah Dasar.” Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan 14(2): 346-364. [2] Abdullah, Solichan. 2012. “Mengembangkan Kreativitas dalam Pembelajaran Matematika.” Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains 11(3). [3] Sari, Yunita., Ira Kurniawati, dan Getut Pramesti. 2013. “Penerapan Pendekatan Open-Ended dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Matematis Siswa Ditinjau dari Respon Siswa terhadap Pembelajaran Tahun Ajaran 2011/2012.” Jurnal Pendidikan Matematika 1(1). [4] Sanjaya, Wina. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Prenadamedia Group. [5] Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Tindakan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: CV. Alfabetis. [6] Wiratama, Adi. 2011. “Penerapan Metode Open Ended and Redirection untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika Pokok Bahasan Himpunan Kelas VII Semester Genap di SMP Negeri 3 Kartasura Tahun Ajaran 2010/2011.” Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, UMS. [7] Amurwani, Astuti. 2009. “Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematika Siswa melalui Pendekatan Open Ended.” Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, UMS. [8] Janah, Dwi Nur. 2010. “Upaya Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Pendekatan Realistic Mathematic Education.” Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, UMS. [9] Wijayanti, Ari. 2011. “Upaya Meningkatkan Kreativitas dan Efektivitas dalam Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Accelerated Learning pada Pokok Bahasan Keliling Lingkaran.” Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, UMS. | in_ID |
dc.identifier.issn | 2528-4630 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/8799 | |
dc.description.abstract | Tujuan penelitian: (1) Meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran matematika melalui pendekatan Open-Ended. (2) Meningkatkan kreativitas siswa dalam pembelajaran matematika melalui pendekatan Open-Ended. Jenis penelitian Kualitatif dengan desain Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas XI AK-PM dan guru matematika SMK Muhammadiyah 2 Surakarta. Teknik pengumpulan data dengan metode pokok serta metode bantu. Hasil penelitian: (1) Terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa, meliputi (a) kemampuan memberikan penjelasan sederhana dengan menganalisis pertanyaan meningkat dari 3 siswa (11,11%) menjadi 20 siswa (74,07%); (b) kemampuan memberikan penjelasan lanjut dengan mengidentifikasi asumsi meningkat dari 2 siswa (7,41%) menjadi 14 siswa (51,85%); (c) kemampuan mengatur strategi dan taktik dengan menentukan dan menuliskan solusi dari permasalahan meningkat dari 3 siswa (11,11%) menjadi 23 siswa (85,19); dan (d) kemampuan menentukan kesimpulan meningkat dari 4 siswa (14,81%) menjadi 21 siswa (77,78). (2) Terdapat peningkatan kreativitas siswa, meliputi (a) kreativitas dalam bertanya meningkat dari 4 siswa (14,81%) menjadi 18 siswa (66,67%); (b) kreativitas dalam mengemukakan ide atau pendapat meningkat dari 2 siswa (7,41%) menjadi 15 siswa (55,56%); (c) kreativitas dalam memberikan jawaban atas pertanyaan dari guru meningkat dari 2 siswa (7,41%) menjadi 14 siswa (51,84%) dan (d) kreativitas dalam mengerjakan soal latihan di depan kelas meningkat dari 3 siswa (11,11%) menjadi 19 siswa (70,37%) | in_ID |
dc.language.iso | id | in_ID |
dc.publisher | HMP Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Surakarta | in_ID |
dc.subject | kemampuan berpikir kritis | in_ID |
dc.subject | kreativitas | in_ID |
dc.subject | matematika | in_ID |
dc.subject | pendekatan open-ended | in_ID |
dc.title | Upaya Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreativitas dalam Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Open-Ended Siswa Kelas XI SMK Muhammadiyah 2 Surakarta | in_ID |
dc.type | Article | in_ID |