Analisis Materi dan Soal Matematika Dalam Buku Tematik Kurikulum 2013 Siswa Sekolah Dasar Kelas V Berdasarkan Taksonomi TIMSS
Abstract
Rendahnya prestasi matematika siswa Indonesia dalam kancah internasional ditunjukkan
dengan rendahnya peringkat Indonesia menurut TIMSS. Disamping itu, Indonesia menetapkan
buku teks berisi materi dan soal latihan yang digunakan siswa sebagai alat bantu dalam
mengukur kemampuan siswa. Namun tidak dipungkiri jika buku teks tersebut belum sepenuhnya
sesuai dengan standar TIMSS. Hal ini dikarenakan buku teks di Indonesia dirancang sesuai
dengan kurikulum yang berlaku. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesesuaian materi
dan soal matematika dalam buku Tematik Kurikulum 2013 siswa SD kelas V berdasarkan
taksonomi TIMSS. Jenis penelitian ini adalah analisis isi dengan pendekatannya merupakan
penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan
wawancara. Dalam keabsahan data, peneliti menggunakan pemeriksaan teman sejawat. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa: 1) materi matematika terhadap domain konten dan soal
matematika terhadap domain kognitif dalam buku Tematik belum semuanya memenuhi proporsi
TIMSS, 2) materi dalam buku Tematik lebih didominasi oleh aspek bilangan yaitu sebesar
55,88%, sedangkan bentuk dan ukuran geometri sebesar 33,82%, dan data sebesar 10,30%. 3)
Hasil penelitian pada soal dalam buku Tematik didominasi aspek applying dengan presentase
sebesar 45,93%, sedangkan aspek knowing sebesar 29,19%, dan reasoning 24,88%. Hal ini
menunjukkan bahwa dalam buku Tematik sudah berisi soal untuk mengasah kemampuan siswa
dalam berpikir kritis.