dc.identifier.citation | Abed, Eman Rasmi & Muhammad Mustafa Al-Absi. 2015. Content Analysis of Jordanian Elementary Textbooks during 1970 – 2013 as Case Study. International Education Studies, 8 (3), 159 – 166. doi: 10.5539/ies.v8n3p159 Al-Astal, I. H., & Ahmad, A. A. Z. 2015. The Effectiveness of an E-Book on Developing Mathematical Thinking Skill and Acquisition of Mathematical Concepts among 5 th Graders in Gaza. International Journal of Computer Applications (0975 – 8887), 116 (21), 23 – 29. Diakses dari http://adsabs.harvard.edu/abs/2015IJCA Andriyana, Y. P., & Sumardi. 2014. “Analisis Buku Ajar Matematika SMA Kelas X Semester Gasal Tahun Ajaran 2013/2014 Ditinjau dari Aspek Kognitif”. (http://eprints.ums.ac.id/28683/13/NASKAH_PUBLIKASI.pdf, diakses pada tanggal 28 September 2016, pukul 05.09 WIB). Arifin, Zainal. 2011. Bagaimana Menyusun PTK Anda Agar Sukses? Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Barmoyo, Qurotul Novida & Wasis. 2014. Analisis Soal-Soal dalam BSE (Buku Sekolah ELektronik), UN (Ujian Nasional) dan TIMSS (Trends in International Mathe,atics and Science Study) Ditinjau dari Domain Kognitif dan Indikator Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, 3 (1), 8 – 14. Diakses dari http://ejournal.unesa.ac.id/article/9749/32/article.pdf Frequently Asked Questions TIMSS 2015. 2015. (https://nces.ed.gov/timss/pdf/TIMSS_2015_FAQ.pdf, diakses pada 5 Oktober 2016). USA: TIMSS. Hatam, S., Ali Z., & Leila H. 2015. Content Analysis of Mathematics Textbook of Elementary School Sixth Grade Based on Conceptual Pattern Aims of Iranians National Educational Curriculum. Journal UMP Social Sciences and Technology Management, 3 (3), 28 – 33. Diakses pada http://jsstmump.org/2015 Irawati, Tri Puji, Titik Sugiarti, & Nanik Yulianti. Analisis Kesesuaian Materi Geometri dalam Buku Sekolah Elektronik Ayo Belajar Matematika untuk SD/MI Kelas IV Berdasarkan Kriteria Bell. Artikel Ilmiah Mahasiswa, 1 (1), 1 – 4. Diakses pada http://repository.unej.ac.id Kemendikbud. 2014. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Tema 1 Bendabenda di Lingkungan Sekitar Buku Siswa SD/MI Kelas V. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemdikbud. ___________. 2014. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Tema 2 Peristiwa dalam Kehidupan Buku Siswa SD/MI Kelas V. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemdikbud. ___________. 2014. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Tema 3 Kerukunan dalam Bermasyarakat Buku Siswa SD/MI Kelas V. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemdikbud. ___________. 2014. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Tema 4 Sehat itu Penting Buku Siswa SD/MI Kelas V. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemdikbud. ___________. 2014. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Tema 5 Bangga sebagai Bangsa Indonesia Buku Siswa SD/MI Kelas V. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemdikbud. ___________. 2014. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Tema 6 Organ Tubuh Manusia dan Hewan Buku Siswa SD/MI Kelas V. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemdikbud. ___________. 2014. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Tema 7 Sejarah Peradaban Manusia Buku Siswa SD/MI Kelas V. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemdikbud. ___________. 2014. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Tema 8 Ekosistem Buku Siswa SD/MI Kelas V. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemdikbud. ___________. 2014. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Tema 9 Lingkungan Sahabat Kita Buku Siswa SD/MI Kelas V. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemdikbud. Ker, H. W. 2013. Trend Analysis on Mathematics Achievements: A Comparative Study Using TIMSS Data. Universal Journal of Educational Research, 1(3), 200 – 203. doi: 10.13189/ujer.2013.010309. Masduki, Marlina R. S., Dhiki Y. I., & Agus P. 2013. Level Kognitif Soal-Soal Buku Pelajaran Matematika SMP. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika dengan tema “Penguatan Perasn Matematika dan Pendidikan Matematika untuk Indonesia yang Lebih Baik”. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta. Diakses dari http://eprints.uny.ac.id/10776 Mukhlis, Yoga Muhamad & Siwi Rimayani O. 2015. Analisis Deskriptif SoalSoal dalam Buku Siswa Kurikulum 2013 (Edisi Revisi) dan BSE Pelajaran Matematika SMP Kelas VII Ditinjau dari Domain Kognitif TIMSS 2011. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika UMS 2015. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta. Diakses pada https://publikasiilmiah.ums.ac.id/handle/11617/6132 Nurmutia, Hilda Eka. 2013. “Analisis Materi, Penyajian, dan Bahasa Buku Teks Matematika SMA Kelas X di Kebupaten Rembang Tahun Ajaran 2012/2013”. Skripsi. Semarang: Studi S-1 FMIPA, Universitas Negeri Semarang. Diakses pada http://lib.unnes.ac.id/17447/1/4101409041.pdf Oktiningrum, Wuli. 2014. “Evaluasi Ujian Nasional (UN), PISA, dan TIMSS”, http://wulieokti.blogspot.com, diakses pada 5 Oktober 2016. Permendikbud Republik Indonesia Nomor 71 Tahun 2013 tentang Buku Teks Pelajaran dan Buku Panduan Guru untuk Pendidikan Dasar dan Menengah. Putra, Adfila Pandu. 2016. “Analisis Kesesuaian antara Buku Teks Siswa Tematik Terpadu Tema Benda-Benda di Lingkungan Sekitar SD/MI Kelas V dengan Kompetensi Dasar Kurikulum 2013”. Artikel Skripsi. Kediri: Studi S-1 FKIP, Universitas Nusantara PGRI Kediri. Diakses pada https://simki.unokediri.ac.id/mahasiswa/file_artikel/2016/12,1,01.10.0011. pdf Rizkiawan, Hery. 2013. Analisis Apsek Kognitif pada Soal-Soal Buku Ajar Matematika SMP Kelas VII Kurikulum 2013. Naskah Publikasi. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta. Diakses pada http://eprints.ums.ac.id/27953/26/NASKAH_PUBLIKASI.pdf Shodiq, Luqman Jakfar. 2015. Analisis Soal Buku Siswa Matematika Kelas 7 Kurikulum 2013 Menggunakan TIMSS 2015 Mathematics Frameworks. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UNY 2015. Jember: Universitas Jember. Diakses dari http://seminar.uny.ac.id.semnasmatematika/files/banner/PM-151.pdf. Sunday, Afolabi Samson. 2014. Mathematics Text Book Analysis a Study on Recommended Mathematics Text Books in School Use in South Western States of Nigeria. European Scientific Journal, 1, 140 – 151. Diakses dari http://e-journal.org/files/journals/1/articles/4085/submissions/review/408511823-1-RV.pdf Tim Puspendik. 2012. “Kemampuan Matematika Siswa SMP Indonesia Menurut Benchmark Internasional TIMSS 2011”. Jakarta: Pusat Penelitian Pendidikan. Diakses dari http://www.puspendik.kemendikbud.go.id | in_ID |
dc.description.abstract | Rendahnya prestasi matematika siswa Indonesia dalam kancah internasional ditunjukkan
dengan rendahnya peringkat Indonesia menurut TIMSS. Disamping itu, Indonesia menetapkan
buku teks berisi materi dan soal latihan yang digunakan siswa sebagai alat bantu dalam
mengukur kemampuan siswa. Namun tidak dipungkiri jika buku teks tersebut belum sepenuhnya
sesuai dengan standar TIMSS. Hal ini dikarenakan buku teks di Indonesia dirancang sesuai
dengan kurikulum yang berlaku. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesesuaian materi
dan soal matematika dalam buku Tematik Kurikulum 2013 siswa SD kelas V berdasarkan
taksonomi TIMSS. Jenis penelitian ini adalah analisis isi dengan pendekatannya merupakan
penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan
wawancara. Dalam keabsahan data, peneliti menggunakan pemeriksaan teman sejawat. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa: 1) materi matematika terhadap domain konten dan soal
matematika terhadap domain kognitif dalam buku Tematik belum semuanya memenuhi proporsi
TIMSS, 2) materi dalam buku Tematik lebih didominasi oleh aspek bilangan yaitu sebesar
55,88%, sedangkan bentuk dan ukuran geometri sebesar 33,82%, dan data sebesar 10,30%. 3)
Hasil penelitian pada soal dalam buku Tematik didominasi aspek applying dengan presentase
sebesar 45,93%, sedangkan aspek knowing sebesar 29,19%, dan reasoning 24,88%. Hal ini
menunjukkan bahwa dalam buku Tematik sudah berisi soal untuk mengasah kemampuan siswa
dalam berpikir kritis. | in_ID |