Kreatifitas Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Masalah Kontekstual Pada Materi Aljabar
Abstract
Kreatifitas sangat diperlukan untuk menyelesaikan masalah. Pembelajaran matematika
merupakan salah satu pembelajaran yang menekankan kreatifitas seseorang yang digunakan untuk
menafsirkan dan menyelesaikan permasalahan matematika. Kreatifitas dalam pemecahan masalah
matematika dapat ditinjau dari komponen-komponen yang meliputi: kelancaran, fleksibilitas dan
kebaruan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kreatifitas mahasiswa sebelum dan
sesudah diberikan modul pembelajaran berbasis pemecahan masalah pada materi aljabar. Subjek
penelitian meliputi mahasiswa Pendidikan Matematika semester I kelas B Universitas
Muhammadiyah Surakarta tahun ajaran 2016/2017 yang terdiri dari 5 mahasiswa yang mewakili
untuk menjadi subjek wawancara. Subjek wawancara yang dipilih yaitu 3 mahasiswa dengan nilai
post-test tinggi dan 2 mahasiswa dengan nilai post-test rendah. Berdasarkan hasil analisis data,
dapat disimpulkan bahwa: kreatifitas mahasiswa dalam menyelesaikan permasalahan kontekstual
materi aljabar sebelum dan sesudah diberikan modul pembelajaran berbasis pemecahan masalah
tidak berbeda. Level kreatifitas mahasiswa dalam menyelesaikan permasalahan berada pada level
kreatif, kurang kreatif dan tidak kreatif.