Pemetaan Domain Isi dan Kognitif Soal Ujian Sekolah/Madrasah Matematika SD/MI Berdasarkan TIMSS
Abstract
TIMSS (Trends in International Mathematics and Science Study) merupakan survei
internasional untuk mengetahui kemampuan sains dan matematika siswa secara internasional.
Indonesia telah mengikuti studi internasional TIMSS sejak tahun 1999 namun peringkat Indonesia
dalam TIMSS berada pada kategori rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komposisi
atau kandungan domain isi dan domain kognitif pada soal ujian sekolah/madrasah SD/MI tahun
2015/2016 pada mata pelajaran matematika berdasarkan domain isi dan domain kognitif TIMSS.
Sumber data penelitian adalah dokumen soal ujian sekolah/madrasah SD/MI tahun 2015/2016
mata pelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode analisis
konten. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kandungan domain isi dan domain kognitif
pada setiap butir soal. Persentase Hasil dari penelitian domain isi pada soal terdapat 37,5%
untuk bilangan, 45% untuk geometri dan pengukuran dan 17,5% untuk penyajian data. Persentase
domain kognitif pada soal yaitu 40% untuk domain kognitif knowing, 50% applying dan 10%
reasoning