Show simple item record

dc.contributor.authorFaizah, Indah Nurul
dc.contributor.authorMurtiyasa, Budi
dc.date.accessioned2017-06-17T03:10:42Z
dc.date.available2017-06-17T03:10:42Z
dc.date.issued2017-03-18
dc.identifier.citationArikan, S. (2015). Construct Validity of TIMSS 2011 Mathematics Cognitive Domains for Turkish Student. International Online Journal of Educational Sciences, 7(1), 29-44. Arikunto, S. (2007). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara Azwar, S. (2016). Konstruksi Tes: Kemampuan Kognitif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. IEA’s Trends in Internasional Mathematics and Science Study (2016) Math Student Achivement Infographic Grade 4. TIMSS 2015. Diakses dari http://timss2015.org/download-center Ker, H.W., (2013). Trend Analysis on Mathematics Achievements: A Comparative Study Using TIMSS Data. Universal Journal of Educational Research, 1(3), 200-203. Lessani, A., Yunus, A. S. M., Tarmiz, R. A., & Mahmud, R. (2014). Effects of Malaysian Secondary Schools Mathematics Teachers’ Familiarity with TIMSS on Students’ Achievement in Mathematics. International Journal of Education and Research, 2(8), 99-110. Mds. (16 juni 2015). 7.528 Siswa SD di Jateng Raih Nilai 100. Okezone News. Diakses dari http://news.okezone.com Mullis, I.V.S., Martin, M.O., & Editors (2013). TIMSS 2015 Assessment Frameworks. Chestnut Hill MA: TIMSS & PIRLS International Study Center, Boston Collage Peraturan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaaan Nomor 009/ H/HK/2015. Prosedur Operasional Standar Penyelenggaran Ujian Sekolah/ Madrasah Pada Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiayah, Sekolah Dasar Luar Biasa dan Penyelenggara Program Paket A/Ula Tahun Pelajaran 2014/ 2015 Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2013. Tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan. Pogoy, A., Balo, V. T., Jr, Geronimo, O., & Chiu, S. (2015). Fractal Correlations on Content and Cognitive Domains and Mathematics Performance Across Countries. European Scientific Journal, 11(16), 344-352. Rahmawati. (2016). Hasil TIMSS 2015 [handout powerpoint slides].Diakses dari http://puspendik.kemdikbud.go.id/seminar/upload/RahmawatiSeminar%20 Hasil%20TIMSS%202015.pdf Sudjana, N. (2014). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Tajudin, N.M., & Chinnappan, M. (2016). The Link Between Higher Order Thinking Skills, Representation and Concepts in Enhancing TIMSS Tasks. International Journal of Instruction, 9 (2), 199-214.in_ID
dc.identifier.issn2502-6526
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/8804
dc.description.abstractTIMSS (Trends in International Mathematics and Science Study) merupakan survei internasional untuk mengetahui kemampuan sains dan matematika siswa secara internasional. Indonesia telah mengikuti studi internasional TIMSS sejak tahun 1999 namun peringkat Indonesia dalam TIMSS berada pada kategori rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komposisi atau kandungan domain isi dan domain kognitif pada soal ujian sekolah/madrasah SD/MI tahun 2015/2016 pada mata pelajaran matematika berdasarkan domain isi dan domain kognitif TIMSS. Sumber data penelitian adalah dokumen soal ujian sekolah/madrasah SD/MI tahun 2015/2016 mata pelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode analisis konten. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kandungan domain isi dan domain kognitif pada setiap butir soal. Persentase Hasil dari penelitian domain isi pada soal terdapat 37,5% untuk bilangan, 45% untuk geometri dan pengukuran dan 17,5% untuk penyajian data. Persentase domain kognitif pada soal yaitu 40% untuk domain kognitif knowing, 50% applying dan 10% reasoningin_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherProgram Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakartain_ID
dc.subjectDomain Isiin_ID
dc.subjectDomain Kognitifin_ID
dc.subjectTIMSSin_ID
dc.subjectUjian Matematikain_ID
dc.titlePemetaan Domain Isi dan Kognitif Soal Ujian Sekolah/Madrasah Matematika SD/MI Berdasarkan TIMSSin_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record