Eksperimentasi Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT), Group Investigation (GI) dan Team Assisted Individualization (TAI) Terhadap Hasil Belajar Matematika
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manakah yang memberikan hasil belaja
matematika yang lebih baik, siswa yang diajar dengan model pembelajaran Numbered HeadTogether (NHT), Group Investigation (GI) atau Team Assisted Individualization (TAI). Penelitianini merupakan penelitian eksperimental semu dengan teknik pengambilan sampel menggunakanteknik random sampling. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1Ngrambe tahun ajaran 2016/2017 dengan sampel penelitian berjumlah 78 siswa. Metodpengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, dan metode dokumentasi. Teknik analisisdata penelitian ini menggunakan uji Kruskal-Wallis yang kemudian dilanjutkan dengan uji pasca
%5
diperolehkesimpulan : (1) hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran NHT
dengan metode Scheffe. Hasil penelitian menggunakan taraf signifikansi
sama baiknya dengan yang diajar dengan model pembelajaran GI; (2) hasil belajar matematikasiswa yang dikenai model pembelajaran NHT lebih baik daripada yang diajar dengan modelpembelajaran TAI; dan (3) hasil belajar matematika yang diajar dengan model pembelajaran GIlebih baik daripada yang diajar dengan model pembelajaran TAI.