Show simple item record

dc.contributor.authorSetyawan, Indra
dc.contributor.authorBudiyono, B.
dc.contributor.authorSlamet, Isnandar
dc.date.accessioned2017-06-17T04:52:03Z
dc.date.available2017-06-17T04:52:03Z
dc.date.issued2017-03-18
dc.identifier.citationGoleman, Daniel. 2003. Kepemimpinan yang Mendatangkan Hasil Cetakan Pertama. Jogjakarta: Amara Books. Ibrahim, dkk. 2009. Strategi Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Sukses Offset. Khasanah, Fitria. 2009. Eksperimentasi Pembelajaran Matematika dengan Model Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments (TGT) terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Motivasi Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar Se Kecamatan Depok. Tesis. Surakarta. Mirnawati. 2009. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Metode TGT (Teams Games Tournament) Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII SMP Negeri 18 Malang: Skripsi Universitas Negeri Malang. Mullis, et.al. 2012. TIMSS 2011: International Result in Mathematics. United State: TIMSS & PRRLS International Study Center. Nwadinigwe, I.P and Azuka-Obieke, U. 2012. The Impact of Emotional Intelligence on Academic Achievement of Senior Secondary. Nigeria: Scholarlink Research Institute Journals, ISSN: 2141-6990. Setiawan. 2008. Strategi Pembelajaran Matematika SMA. Yogyakarta: PPPPTK. Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta. Tjalla, A. 2010. Potret Mutu Pendidikan Indonesia Dinjau dari Hasil-hasil Studi Internasional. [Online] http://litbang.kemdikbud.go.id/ di akses tanggal 9 April 2016.in_ID
dc.identifier.issn2502-6526
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/8816
dc.description.abstractPenelitian ini merupakan penelitian eksperimental semu dengan desain faktorial 3 x 3. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri se-Kodya Surakarta semester ganjil tahun pelajaran 2016/2017. Pengambilan sampel dilakukan secara stratified cluster random sampling. Sekolah yang menjadi sampel adalah SMPN 6, SMPN 14, dan SMPN 27 Surakarta. Uji instrumen dengan uji validitas, reliabilitas, daya beda dan tingkat kesukaran. Uji normalitas dengan rumus Lilliefors, uji homogenitas variansi dengan uji Bartlett, dan uji keseimbangan dengan anava satu jalan dengan sel tak sama. Uji hipotesis dengan anava dua jalan dengan sel tak sama. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Prestasi belajar matematika model pembelajaran MMP sama baiknya dengan model pembelajaran TGT, model pembelajaran MMP lebih baik daripada model pembelajaran Langsung. (2) Prestasi belajar matematika pada emotional quotient tinggi lebih baik daripada emotional quotient sedang dan rendah, prestasi belajar matematika pada emotional quotient sedang lebih baik daripada emotional quotient rendah. (3) Pada emotional quotient tinggi, model pembelajaran MMP dan TGT memberikan prestasi yang sama, model pembelajaran MMP dan TGT memberikan prestasi lebih baik daripada model pembelajaran Langsung. Pada emotional quotient sedang, model pembelajaran MMP dan TGT memberikan prestasi lebih baik dari model pembelajaran Langsung. Pada emotional quotient rendah, model pembelajaran MMP, TGT, dan Langsung memberikan prestasi yang sama. (4) Pada model pembelajaran MMP, emotional quotient tinggi memberikan prestasi yang lebih baik daripada emotional quotient sedang, emotional quotient sedang memberikan prestasi yang lebih baik daripada emotional quotient rendah. Pada model pembelajaran TGT, emotional quotient tinggi dan sedang memberikan prestasi belajar yang sama, emotional quotient tinggi memberikan prestasi yang lebih baik daripada emotional quotient rendah. Pada model pembelajaran Langsung, emotional quotient tinggi, sedang, dan rendah memberikan prestasi yang sama.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherProgram Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakartain_ID
dc.subjectPembelajaran Matematikain_ID
dc.subjectMissouri Mathematics Project (MMP)in_ID
dc.subjectTeams Games Tournament (TGT)in_ID
dc.subjectEmotional Quotientin_ID
dc.titleEksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Missouri Mathematics Project (MMP) Dan Teams Games Tournament (TGT) Pada Pokok Bahasan Persamaan Garis Lurus Ditinjau Dari Emotional Quotient (EQ) Pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri se-Kodya Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017in_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record