Pemanfaatan Tangram Dengan Kolaborasi Untuk Meningkatkan Tingkat Berpikir Geometri
Date
2017-03-18Author
Khoiriyah, Annisatul
Muhsetyo, Gatot
Rahardjo, Swasono
Metadata
Show full item recordAbstract
Fakta menunjukkan bahwa tingkat berpikir geometri siswa SMP masih rendah. Berdasarkan
observasi awal yang dilakukan peneliti di sebuah SMP swasta di Kota Malang, peneliti
menemukan bahwa lebih dari 50% siswa salah dalam menjawab pertanyaan tentang simetri dan
67% siswa salah dalam menjawab pertanyaan kontekstual tentang pencerminan.Tujuan penelitian
ini adalah meningkatkan tingkat berpikir geometri siswa SMP. Penelitian ini adalah Penelitian
Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus. Siklus satu terdiri dari empat pertemuan dan siklus dua
terdiri dari empat pertemuan. Subjek penelitian ini adalah 27 siswa SMP swasta kelas 7 yang
semuanya perempuan. Penelitian dilaksanakan pada bulan April 2015. Penelitian berupa kegiatan
kolaboratif dengan bantuan tangram. Pembahasan difokuskan pada siklus dua. Topik
pembelajaran adalah rotasi geometris. Dari evaluasi proses dan hasil pembelajaran, diperoleh
bahwa penelitian yang dilakukan belum mencapai kriteria keberhasilan yang ditentukan. Siswa
belum mencapai tingkat 2 berpikir geometri. Makalah ini memaparkan tentang penelitian
tindakan pembelajaran geometri, pencapaian pembelajaran, dan faktor yang berpengaruh
terhadap keberhasilan penelitian.