Show simple item record

dc.contributor.authorKhoiriyah, Annisatul
dc.contributor.authorMuhsetyo, Gatot
dc.contributor.authorRahardjo, Swasono
dc.date.accessioned2017-06-21T01:30:49Z
dc.date.available2017-06-21T01:30:49Z
dc.date.issued2017-03-18
dc.identifier.citationAbu, Mohd. Salleh & Zaid, Z.A. (2013). Improving the Levels of Geometric Thinking of Secondary School Students Using Geometry Learning Video based on Van Hiele Theory. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 1(2): 16-22. ISSN: 2252-8822 _ 16 Bragg, Leicha A., Cynthia Nicol. (2011). Seeing Mathematics Through A New Lens, Using Photos in The Mathematics Classroom. Amt 67(3). Fuys, D., D. Geddes and R. Tischler, (1988). The van Hiele model of thinking in geometry among adolescents. J. Res. Math. Educ. Kemendikbud. (2013). Permendikbud Nomor 64 Tahun 2013 Tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah Lin, C.P., Y.J. Shao, L.H. Wong, Y.J. Li and J. Niramitranon. (2011). The impact of using synchronous collaborative virtual tangram in children’s geometric. Turkish Online J. Educ. Technol., 10: 250-258. Palloff, Rena M., Keith Pratt. (2005). Collaborating Online : Learning Together in Community. San Francisco: Jossey-Bass P. W. Thompson. (1994). Concrete materials and teaching for mathematical understanding, Arithmetic Teacher 41(9): 556-558. Siew, Nyet Moi, Chong, Chin Lu, & Abdullah, Mohamad Razali. (2013). Facilitating Students’ Geometric Thinking Through Van Hiele’s Phase-Based Learning Using Tangram. Journal of Social Sciences9(3): 101-111. ISSN: 1549-3652. doi:10.3844/jsssp.2013.101.111. Singh, Gurparkash dan Greg Whymark. (2008). Building knowledge from experience. Makalah disajikan dalam 19th Australasian Conference on Information Systems, 3-5 Desember 2008. Tian, X.X.. (2012). The art and mathematics of tangrams. Bridges Mathematics, Music, Art, Architecture, Culture. Van Hiele, Pierre M. (1999). “Developing Geometric Thinking through Activities That Begin with Play”. Teaching Children Mathematics 6:310-16. Vygotsky, L. (1978). Interaction between learning and development. From: Mind and Society (pp 79-91). Cambridge, MA: Hardvard University Press Wentzel, Kathryn R. (1998). Social Relationships and Motivation in Middle School: The Role of Parents, Teachers, and Peers. Journal of Educational Psychology90(2): 202-209 0022-0663in_ID
dc.identifier.issn2502-6526
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/8836
dc.description.abstractFakta menunjukkan bahwa tingkat berpikir geometri siswa SMP masih rendah. Berdasarkan observasi awal yang dilakukan peneliti di sebuah SMP swasta di Kota Malang, peneliti menemukan bahwa lebih dari 50% siswa salah dalam menjawab pertanyaan tentang simetri dan 67% siswa salah dalam menjawab pertanyaan kontekstual tentang pencerminan.Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan tingkat berpikir geometri siswa SMP. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus. Siklus satu terdiri dari empat pertemuan dan siklus dua terdiri dari empat pertemuan. Subjek penelitian ini adalah 27 siswa SMP swasta kelas 7 yang semuanya perempuan. Penelitian dilaksanakan pada bulan April 2015. Penelitian berupa kegiatan kolaboratif dengan bantuan tangram. Pembahasan difokuskan pada siklus dua. Topik pembelajaran adalah rotasi geometris. Dari evaluasi proses dan hasil pembelajaran, diperoleh bahwa penelitian yang dilakukan belum mencapai kriteria keberhasilan yang ditentukan. Siswa belum mencapai tingkat 2 berpikir geometri. Makalah ini memaparkan tentang penelitian tindakan pembelajaran geometri, pencapaian pembelajaran, dan faktor yang berpengaruh terhadap keberhasilan penelitian.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherProgram Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakartain_ID
dc.subjectberpikir geometriin_ID
dc.subjectkolaboratifin_ID
dc.subjecttangramin_ID
dc.titlePemanfaatan Tangram Dengan Kolaborasi Untuk Meningkatkan Tingkat Berpikir Geometriin_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record