Deskripsi Kemampuan Berpikir Matematis Siswa Dengan Menggunakan Worksheet
Abstract
Berpikir matematis dapat dipandang sebagai suatu cara memahami masalah matematika
dengan menyusun berbagai sumber kajian terhadap objek-objek matematika. Untuk mendukung
kemampuan berpikir matematis siswa, maka salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah
dengan memberikan worksheet. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan
kemampuan berpikir matematis siswa dengan menggunakan Jurnal Tugas Matematika Siswa
(student worksheet). Student worksheet disusun secara terpadu sesuai materi pelajaran
matematika yang dipelajari siswa di sekolah, disertai tugas-tugas matematika/masalah/soal yang
menuntun siswa untuk berpikir matematis. Subjek penelitian adalah siswa di tingkat Sekolah
Menengah Atas (SMA) di kota Parepare. Pengumpulan data dilakukan pada siswa SMA dengan
memberikan worksheet untuk digunakan siswa menyelesaikan tugas-tugas matematika. Data yang
terkumpul selanjutnya dianalisis secara eksploratif. Berdasarkan hasil dan pembahasan maka
disimpulkan bahwa lembar worksheet digunakan sebagai media untuk mengungkap ide/gagasan
pengetahuan siswa terhadap masalah matematika, sehingga dapat menggambarkan proses
berpikir siswa. Untuk itu, kemampuan berpikir matematis siswa yang dideskripsikan sebagai
berikut: (1) tahap identifikasi masalah, dilakukan dengan mengungkap unsur-unsur yang
diketahui, unsur yang ditanyakan, memberikan istilah dan menggunakan simbol matematika, serta
merancang penyelesaian, (2) tahap pengelompokkan masalah, dilakukan dengan menempatkan
istilah/simbol yang telah diidentifikasi dan menyelesaikan masalah sesuai perencanaan, dan (3)
penarikan kesimpulan, dilakukan dengan mengaitkan masalah matematika dikehidupan seharihari.