dc.identifier.citation | Ariefanto, Moch.Doddy. 2012. Ekonometri Esensi dan Aplikasi dengan menggunakan EViews. Jakarta: Erlangga. Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: RinekaCipta. Arofah, Rupik. 2015. Pengaruh Perhatian Orang Tua, Minat Belajar, Dan Lingkungan Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas X SMK Swadaya Semarang Program Keahlian Akuntansi SMK Swadaya Semarang Tahun Ajaran 2013/2014. UNNES.ISSN 2252-6544. Diana, Evi, dkk. 2013. Pengaruh Motivasi Belajar, Peranan Kompetensi Profesional Guru, Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Prestasi Belajar Kompetensi Dasar Perbedaan Ekonomi Mikro Dan Makro Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Sugihwaras Bojonegoro. UNNES.ISSN 2252-6544. Graha, Chairinniza. 2008. Keberhasilan Anak di Tangan Orang Tua. Jakarta: Elex Media Komputindo Hamalik, Oemar. 2010. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara Haryanto, Samsi dan Suryanti. 2014. Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Sikap Sosial Terhadap Prestasi Belajar IPS Siswa Kelas V Sekolah Dasar . ISSN 2338-980X. Volume 1 nomor 2 Juli 2014. Istarani & Intan Pulungan. 2015. Ensiklopedi Pendidikan. Medan: Media Persada Kurniawan, Didik dan Dhoriva. 2014. Pengaruh Perhatian Orangtua, Motivasi Belajar, Dan Lingkungan Sosial Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP.Jurnal Riset Pendidikan Matematika. Volume 1 Nomor 2, November 2014. Mawarsih, Siska Eko. 2013. Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMA Negeri Jumapolo. JUPE UNS, Vol. 1,No.3, Hal 1 s/d 13. Monicca, Ikke, dkk. 2015. Pengaruh Minat Belajar, Motivasi Belajar Dan Prestasi Belajar Matematika Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Jurusan Akuntansi Di SMK Palebon Semarang.UNNES.ISSN: 2252-6544. Nora, Elly.2015. Pengaruh Motivasi Belajar Siswa dan Keterampilan Mengajar Guru Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Dolok Sanggul. Skripsi: Fakultas Ekonomi, UNIMED Prawira, Purwa A. 2014. Psikologi Pendidikan dalam Perspektif Baru. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers Shifa, Mutiara. 2015. Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X SMA Swasta Al-Ulum Medan TP. 2014/2015. Skripsi: Fakultas Ekonomi, UNIMED Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta Suryabrata, Sumadi. 2013. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers Suseno, Bambang. 2015. Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Konsep Diri Terhadap Motivasi Berprestasi Siswa Kelas XII SMK BM Nusantara Lubuk Pakam Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi: Fakultas Ekonomi, UNIMED Uno, Hamzah B. 2011. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara | in_ID |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk memahami pengaruh perhatian orang tua dan
motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa. Dengan mengetahui hal ini
diharapkan guru dapat meningkatkan efektifitas proses belajar mengajar dengan
pendekatan psikologis terhadap siswa. Populasi dalam peneltian ini adalah siswa
kelas X SMA Swasta Prayatna Medan T.P 2015/2016dengan populasi sebanyak
243 siswa dan sampel sebanyak 85 siswa dengan metode proporsional random
sampling.Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan
dokumentasi.Berdasarkan uji hipotesis yang dilakukan diperoleh hasil uji variable
perhatian orang tua berpengaruh secara posistif dengan nilai thitung sebesar 8,653
dan hasil uji hipotesis parsial motivasi belajar terhadap prestasi belajar
menunjukkan hasil berpengaruh secara positif dengan nilai thitung sebesar 2,446.
Sedangkan untuk uji hipotesis secara simultan diperoleh hasil perhatian orang tua
dan motivasi belajar berpengaruh secara positif dengan nilai Fhitung sebesar 68,806.
Berdasarkan uji koefisien determinasi diperoleh nilai R2 sebesar 0,6266 yang
artinya perhatian orang tua dan motivasi belajar memberikan kontribusi terhadap
prestasi belajar ekonomi sebesar 62,66% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh
variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Kesimpulan dari penelitian
ini adalah ada pengaruh perhatian orang tua dan motivasi belajar secara positif
dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas X mata pelajaran ekonomi
SMA Swasta Prayatna Medan T.P.2015/2016. | in_ID |