dc.contributor.author | Wibawa, Ramadhan Prasetya | |
dc.contributor.author | Wirawan, Yahya Reka | |
dc.date.accessioned | 2017-07-17T04:23:53Z | |
dc.date.available | 2017-07-17T04:23:53Z | |
dc.date.issued | 2017-05-24 | |
dc.identifier.citation | Darling, L. Hammond. 2005. Preparing Teacher for a Changing world, Whatteachers should learn and be able to do. San Francisco; Jossey-Bass. Direktorat Jenderal Pendidikan tinggi. 2003. Pedoman Penjaminan Mutu Pendidikan tinggi. Jakarta. Hidayati, Arifah. 2015. Memberi yang Terbaik Untuk Kemajuan Bangsa. Universitas Prof. Dr. Hazairin Sh, Bengkulu. Mondie, G. C. 1988. The Debates about Higher Education in Britain and USA. Studies in Higher Education, 13 Olssen, Mark. 2004. Education Policy: Globalization, Citizenship and Democracy. London: Sage Publications. Slamet, Margono. 1999. Filosofi Mutu dan Penerapan Prinsip-Prinsip Manajemen Mutu Terpadu. IPB Bogor Thune, Christian. 2001. European Network for Quality Assurance in HigherEducation. Helsinki: Multiprint. Wattimena, 2011. Memajukan Penelitian Ilmiah Indonesia. Dosen di Fakultas Filsafat UNIKA Widya Mandala, Surabaya | in_ID |
dc.identifier.issn | 2503‐4855 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/8870 | |
dc.description.abstract | Peningkatan mutu lulusan pendidikan ekonomi merupakan sebuah urgensi yang
harus dilakukan perbaikan, dimana pada dasarnya dapat dilakukan dengan strategi
merubah salah satu dari subsistem yang diantaranya manusia, struktur, teknologi,
dan proses organisasi. Terkait dengan peningkatan tersebut, perubahan yang
dilakukan pada subsitem manusia dan teknologi meliputi: mahasiswa yang
dididik, dosen sebagai pendidik dan pengajar, sarana dan prasrana. Dosen selain
sebagai pengajar, sekaligus sebagai pendidik yang mendidik calon para ekonom
menjadi manusia berakhlak yang merupakan tujuan pendidikan. Untuk
mendapatkan lulusan pendidikan ekonomi yang terbaik, maka dapat dilakukan
dengan berpikir secara ilmiah dan mampu mengembangkan kreatifitas serta
inovasi yang diciptakan, sehingga outputnya dapat diminati pada masyarakat luas
dan pasar bursa tenaga kerja. Pola berpikir ilmiah yang dimaksudkan dapat berupa
keemampuan berpikir kreatif, kritis, pemecahan masalah, serta kemampuan
mengambil keputusan. Membenahi mental para lulusan dengan budaya literasi dan
anti plagiasi yang sangat penting diinternalisasikan dalam diri setiap lulusan agar
terbiasa berpikir secara sistematis, sensitive, ilmiah, dan memiliki banyak
referensi dalam menyikapi masalah. | in_ID |
dc.language.iso | id | in_ID |
dc.publisher | Universitas Muhammadiyah Surakarta | in_ID |
dc.subject | Mutu Lulusan | in_ID |
dc.subject | Inovasi Pembelajaran | in_ID |
dc.subject | Budaya Berpikir Ilmiah | in_ID |
dc.title | Strategi Peningkatan Mutu Lulusan Pendidikan Ekonomi dalam Rangka Mengembangkan Inovasi Pembelajaran Berbasis Budaya Berpikir Ilmiah Pada Era MEA | in_ID |
dc.type | Article | in_ID |