dc.contributor.author | Prasetyo, Novi Eko | |
dc.date.accessioned | 2017-07-17T04:45:34Z | |
dc.date.available | 2017-07-17T04:45:34Z | |
dc.date.issued | 2017-05-24 | |
dc.identifier.citation | Dwiyogo, W.D.2013. Merancang Pembelajaran dengan Mindmanager. Malang: UM Malang. Fahmi, F.M.2012. Pengembangan Modul Digital Pembelajaran Untuk Kompetensi Menggunakan Internet. Jurnal EJPTI: Vol 1 (2). Kabar24.Bisnis.com (http://kabar24.bisnis.com/read/20151116/255/492510/pertemuan-menteripendidikan- se-asia-tenggara-bahas-tujuh-prioritas-pendidikan), diakses mei 2017 Kemdikbud.co.id (https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2015/09/-peluncuransekolah- digital-asia-tenggara-oleh-seameo-dengan-pionir-kota-bandung- 4639-4639-4639), diakses april 2017. Kompas.com (http://tekno.kompas.com/read/2017/05/08/18025027/1.000.sekolah.dapat. internet.gratis.dari.xl.axiata), diakses, Mei 2017. Mappalotteng, A.M.2011. Paradigma Pendidikan Berwawasan Global dan Tantangannya di Masa Depan. Jurnal Medtek: Vol 3 (2). Seraphina, A.M.2012. E-School Implementation Using Radius Server And Authentication Mechanism. Jurnal ComTech: Vol 3 (2). Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional. | in_ID |
dc.identifier.issn | 2503‐4855 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/8876 | |
dc.description.abstract | Perkembangan teknologi secara tidak langsung akan berpengaruh terhadap dunia
pendidikan. Pengelolaan teknologi pendidikan yang baik akan mewujudkan
terciptanya pendidikan yang efektif. Tujuan dari penulisan artikel ini adalah 1)
Bagaimana model sekolah dan kelas digital, 2) Peran pemerintah terkait model
sekolah dan kelas digital, 3) Implementasi sekolah digital dan kelas digital di
Indonesia. Dari hasil kajian diperoleh bahwa; 1) Ada 4 segmen untuk
mewujudkan sekolah digital antara lain e-school, training, e-student dan eresources,
sedangkan kelas digital adalah kelas yang dilengkapi alat video
conference yang digunakan untuk pertemuan online dengan sekolah lain ataupun
pihak-pihak yang terkait. 2) Pemerintah sudah bekerja sama dengan pihak-pihak
terkait untuk mendukung terciptanya sekolah digital, Karena pemerintah juga
menyadari bahwa perkembangan teknologi secara tidak langsung akan
berpengaruh terhadap dunia pendidikan. Pemanfaatan teknologi yang baik mampu
meningkatkan keaktifan, kreatifitas serta inovasi dalam dunia Pendidikan. 3)
Dengan adanya dukungan dari semua pihak, sekolah digital dan kelas digital
sudah mulai diterapkan di beberapa sekolah di Indonesia. | in_ID |
dc.language.iso | id | in_ID |
dc.publisher | Universitas Muhammadiyah Surakarta | in_ID |
dc.subject | Model sekolah digital | in_ID |
dc.subject | kelas digital | in_ID |
dc.title | Model Sekolah dan Kelas Digital Masa Depan | in_ID |
dc.type | Article | in_ID |