dc.identifier.citation | Afcariono, M. (2008). Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi. Jurnal Pendidikan Inovatif, 3(2), 65–68. Arends, Richard I. 2013. Belajar Untuk Mengajar Buku 2. Jakarta: Salemba Humanika. Dwijananti, P. dan Yulianti, D. (2010). Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Melalui Pembelajaran Problem Based Instruction Pada Mata Kuliah Fisika Lingkungan. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 6, 108–114. Ennis, R. H. (2011). The Nature of Critical Thinking : An Outline of Critical Thinking Dispositions and Abilities. University of Illinois. Diakses pada 18 Oktober 2016. (http://faculty.education.illinois.edu/rhennis/documents/TheNatureofCriti calThinking_51711_000.pdf) Fakhriya, F. (2014). Penerapan Problem Based Learning Dalam Upaya Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(1), 95–101. Kemendikbud. 2014. Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013. Muhfahroyin. (2009). Memberdayakan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Pembelajaran Konstruktivistik. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 16(1), 88–93. Ristiasari, T., Priyono, B., dan Sukaesih, S. (2012). Model Pembelajaran Problem Solving Dengan Mind Mapping Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Unnes Journal Of Biology Education, 1(3), 1–8. Riyanto, Yatim. 2014. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada. Sanjaya, Wina. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana. Sudarman. (2007). Problem Based Learning : Suatu Model Pembelajaran Untuk Mengembangkan Dan Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah. Jurnal Pendidikan Inovatif, 2(2), 68–73. Tuanakotta, Theodorus M. 2011. Berpikir Kritis dalam Auditing. Jakarta: Salemba Empat. Taghva, F., Rezaei, N., Ghaderi, J., & Taghva, R. (2014). Studying the Relationship between Critical Thinking Skills and Students Educational Achievement (Eghlid Universities as Case Study). International Letters of Social and Humanistic Sciences, 25, 18–25. http://doi.org/10.18052/www.scipress.com/ILSHS.25.18 Wulandari, N., Sjarkawi, & Damris. (2011). Pengaruh Problem Based Learning Dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Tekno Pedagogi, 1(1), 14–24. | in_ID |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran
Problem Based Learning efektif dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis
siswa pada mata pelajaran Pengantar Akuntansi kelas X AK 1 SMK Negeri 4
Klaten tahun ajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan
kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas ini merupakan jenis data kualitatif, yaitu
data yang berbentuk kata, kalimat dan skema. Subyek penerima tindakan
penelitian adalah siswa kelas X AK1 SMK Negeri 4 Klaten tahun ajaran
2016/2017. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi,
wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi. Prosedur dalam penelitian ini ada
lima tahap yaitu permasalahan, perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan,
pengamatan, evaluasi dan refleksi. Teknik analisis data yang digunakan adalah
teknik deskriptif komparatif dan teknik analisis kritis. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning
(PBL) efektif dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata
pelajaran Pengantar Akuntansi kelas X AK1 SMK Negeri 4 Klaten tahun ajaran
2016/2017. Hal ini dibuktikan sebelum adanya tindakan, prosentase kemampuan
berpikir kritis siswa hanya sebesar 35,65%, sedangkan setelah adanya tindakan
siklus I kemampuan berpikir kritis siswa terlihat mengalami peningkatan
mencapai 57,86% dan setelah tindakan siklus II kemampuan berpikir kritis siswa
secara keseluruhan mengalami peningkatan hingga menjadi 83,78%. | in_ID |