• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding SNP (Seminar Nasional Pendidikan) Prodi Pendidikan Akuntansi FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta
    • Seminar Nasional Pendidikan II 2017 (Pendidikan Akuntansi FKIP UMS)
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding SNP (Seminar Nasional Pendidikan) Prodi Pendidikan Akuntansi FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta
    • Seminar Nasional Pendidikan II 2017 (Pendidikan Akuntansi FKIP UMS)
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Profesionalisme Guru Ditinjau dari Pengalaman Mengikuti Kegiatan Ilmiah dan Implementasi Kurikulum 2013 pada Sekolah Menengah Atas Negeri Kecamatan Banjarsari Tahun 2015/2016

    Thumbnail
    View/Open
    16.1 Artikel Bu titik.pdf (50.17Kb)
    Date
    2017-05-24
    Author
    Asmawati, Titik
    Maharani, Kusuma
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui :1) pengaruh pengalaman guru mengikuti kegiatan ilmiah terhadap profesionalisme guru. 2) pengaruh penerapan implementasi kurikulum 2013 terhadap profesionalisme guru. 3) pengaruh pengalaman guru mengikuti kegiatan ilmiah dan implementasi kurikulum 2013 terhadap profesionalisme guru. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif asosiatif dengan penarikan kesimpulan melalui metode statistik.Populasi dalam penelitian ini adalah161guru yaitu semua guru SMA Negeri se Kecamatan Banjarsari yaitu SMA Negeri 1 dan SMA Negeri 2 Surakarta. Sampel diambil sebanyak 110 guru dengan Proportional Random Sampling. Pengumpulan data diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diuji cobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas.Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji t, uji F, dan sumbangan relatif dan serta sumbangan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 9,140 + 0,396 X1+ 0,457 X2. Persamaan menunjukkan bahwa profesionalisme guru dipengaruhi oleh pengalaman guru mengikuti kegiatan ilmiah dan penerapan implementasi kurikulum 2013. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) Pengalaman guru mengikuti kegiatan ilmiah terhadap profesionalisme guru dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung> ttabel, 7,668 >2,000 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000 dengan sumbangan relatif sebesar 40% dan sumbangan efektif 23,3%. 2) Penerapan implementasi kurikulum 2013 terhadap profesionalisme guru dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung> ttabel, yaitu 9,412 > 2,000 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000 dengan sumbangan relatif sebesar 60%dan sumbangan efektif 35%. 3) Pengalaman guru mengikuti kegiatan ilmiah dan penerapan implementasi kurikulum 2013 terhadap profesionalisme guru dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier ganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung> Ftabel, yaitu 74,656 >3,150 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) Koefisien determinasi (R2) sebesar 0,583 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh pengalaman guru mengikuti kegiatan ilmiah dan penerapan implementasi kurikulum 2013terhadap profesionalisme guru adalah sebesar 58,3%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/8891
    Collections
    • Seminar Nasional Pendidikan II 2017 (Pendidikan Akuntansi FKIP UMS)

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV