dc.identifier.citation | Buku Saku Gerakan Literasi Sekolah. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Chakra, Fita. 2016. “Putri Mayang dan Tanaman Kesayangan” dalam Kompas, Minggu 28 Agustus 2016. Dwidjoseputro, D. 1991. Ekologi: Manusia dan Lingkunganya. Jakarta:Erlangga Endraswara, Suwardi. 2006. Metodologi Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Widatama. Endraswara, Suwardi (ed.). 2016. Sastra Ekologis: Teori dan Praktik Pengkajian. Jakarta: PT. Buku Seru. Hasanuddin WS. 2015. Sastra Anak Kajian Tema, Amanat dan Teknik Penyampaian Cerita Anak Terbitan Surat Kabar. Bandung: Angkasa. Harsono, Siswo. 2008. “Ekokritik: Kritik Sastra Berwawasan Lingkungan” (http://ejournal.undip. ac.id/index.php/kajiansastra/article/view/2702/pdfdiunduh pada tanggal 26 Desember 2016). Hidayah, Arif. 2012. “Pengaruh Lingkungan Terhadap Kepribadian Tokoh Aku Pada Novel Upacara Karya Korrie Layun Rampan.” (http://jurnal.unpad.ac.id/ejournal/article/ view/1627/1611, diakses pada tanggal 23 Desember 2016). Indriyati, Wahyu. 2016. “Kisah Si Kabut Asap” dalam Kompas, Minggu 4 September 2016. Irawati, Ruri. 2016. “Pohon bambu yang Berguna” dalam Kompas, Minggu 17 Juli 2016. Juliasih. 2012. “Manusia dan Lingkungan dalam Novel Life In The Iron Millis Karya Rebecca Hardings Davis”. Jurnal Litera (Volume 11, nomor 1, april 2012). Hlm, 83-97. Keraf, A. Sony. 2010. Etika Lingkungan Hidup. Jakarta: Kompas. Milansi, Fransiska Rina. 2015. “Hutan Donoloyo” dalam www.nusantarabertutur.com. Nurgiyantoro, Burhan. 2000. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press Gramedia. Pradopo, Rahmat Joko. 1984. Pengkajian Puisi. Gajah Mada University Press. Pratiwi, Erlita. 2015. “Laut Kita Penuh Harta Karun” dalam www.nusantarabertutur.com Prasetyo, Heru. 2016. “Kebaikan Hati Pohon Jati” dalam Kompas, Minggu 25 September 2016. Ratna, Nyoman Kutha. 2009. Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Sapanca, Putu Lasmi Yuliyanthi dan Etmagusti. 2015. “Efektivitas Ekoliterasi dalam Meningkatkan Pengetahuan, Sikap, dan Perilaku Masyarakat Mengenal Education for Sustainable Development Berbasis Tanaman Pangan Lokal (Studi Kasus di Kecamatan Bangli). Jurnal Pertanian Berbasis Keseimbangan Ekosistem Agrimeta. | in_ID |
dc.description.abstract | Penguatan ekoliterasi dan karakter pada anak dapat dilakukan melalui media sastra anak.
Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan karakter kepedulian lingkungan hidup yang
terdapat dalam kumpulan dongeng “Nusantara Bertutur” serta mengidentifkasi bentuk penguatan
ekoliterasi melalui sastra anak. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode
pengumpulan data melalui teknik baca, teknik catat, dan riset kepustakaan. Data kemudian
dianalisis dengan Teknik analisis data yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif
kualitatif. Berdasarkan kajian terhadap sembilan dongeng yang terdapat dalam “Nusantara
Bertutur” dapat dideskripsikan bentuk interaksi tokoh terhadap lingkungannya ke dalam tiga
bentuk, yakni pelukisan latar lingkungan oleh tokoh, perbuatan tokoh terhadap lingkungan, dan
pemikiran tokoh terhadap lingkungan. Ketiga bentuk interaksi tokoh terhadap lingkungannya ini
membuktikan bahwa sastra dekat dengan lingkungan. Bentuk penguatan ekoliterasi yang dapat
diterapkan bagi anak adalah kemampuan dalam membaca dan menulis tentang lingkungan sekitar
sebagaimana telah ditulis sastra tersebut oleh penulis dalam “Nusantara Bertutur”. | in_ID |