• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Proceeding ICoLLiT (International Conference on Language, Literature and Teaching)
    • Proceeding of The 1st ICoLLiT
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Proceeding ICoLLiT (International Conference on Language, Literature and Teaching)
    • Proceeding of The 1st ICoLLiT
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Budaya Lonto Leok dalam Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris

    Thumbnail
    View/Open
    i32.pdf (381.5Kb)
    Date
    2017-04-04
    Author
    Menggo, Sebastianus
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Bahasa diasumsikan sebagai sebuah sistem komunikasi yang membuat manusia dapat bersosialisasi satu sama lain. Lonto léok adalah salah satu kearifan lokal guyup tutur masyarakat Manggarai, NTT yang merupakan demokrasi lokal yang mengatur tata kehidupan orang Manggarai seperti pemeliharaan perdamaian dan keamanan, penegakan hukum dan adat, kesatuan dan persatuan, pemiliharaan kesusilaan dan sopn santun, pembagian lahan, kegiatan pembelajaran, dan lain-lain. Dalam perspektif pembelajaran keterampilan berbicara, lonto léok memiliki langkah-langkah implementasi yang jelas seperti céngka ‘apersepsi dan eksplorasi’ cica ‘menanggapi’, caca ‘menemukan jalan keluar’ dan congko ‘menyimpulkan’. Langkah-langkah ini dapat mempercepat kemahiran keterampilan berbicara, memacu aktivasi para peserta didik, , dan kelekatan budaya yang semuanya bermuara pada bingkai ketercapaian target pembelajaran.Tujuan dari penelitian untuk menganalisis impelementasi dari pembelajaran bahasa Inggris berbasis budaya lonto léok dalam kemampuan berbicara bahasa Inggris siswa kelas IV SDI Rai di kecamatan Ruteng. Deskriptif kualitatif dengan prosedur purposif diterapkan dalam penelitian ini. Data dikumpul melalui tes dan non tes. Instrumen tes merujuk pada performansi individu dengan menampilkan skoring rubriknya. Sedangkan untuk instrumen non tes adalah lembar observasi dan wawancara. Hasil menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berbicara, keaktifan siswa, serta kelekatan budaya siswa kelas IV sekolah dasar SDI Rai kecamatan Ruteng selama proses pembelajaran.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/8930
    Collections
    • Proceeding of The 1st ICoLLiT

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV