ANALISIS KEBUTUHAN PEMBELAJARAN DAN ANALISIS PEMBELAJARAN DALAM DESAIN SISTEM PEMBELAJARAN
Abstract
Desain pembelajaran dimulai dengan identifikasi masalah
pembelajaran. Analisa kebutuhan adalah cara yang efektif untuk
mengidentifiaski masalah-masalah yang muncul dalam sebuah
organisasi pembelajaran, terutama bila perancangannya atau dalm
mendesain pembelajaranyya tidak begitu akurat. Analisa kebutuhan
dapat mengidentifikasi enam jenis kebutuhan; normative,
comparative, felt, expressed, autisipated and critical accident. Analisa
tujuan bisa menggunakan analisa kebutuhan maupun bantuan
pembelajaran: proses analisa tujuan pertama meng-identifikasi tujuan
dan menetapkan, memilih, membuat prioritas. Maka dalam
permasalahan pembelajaran (Intructional Problem) paling tidak
memperhatikan tiga hal yaitu pertama sikap yang diharapkan
(Performance Assessment). Kedua, menganalisa tujuan dan ketiga
kebutuhan pembelajaran (Needs Assessment/Analysis) masihkah
sikap-sikap itu sesuai dengan tujuan yang relevan itu juga sesuai
dengan kebutuhan itu sendiri?