dc.identifier.citation | SUHUF, Vol. 19, No. 1, Mei 2007: 60 - 69 68 Atwi Suparman, Desain Instructional, Proyek pengembangan Universitas Terbuka Ditjen Dikti Departemen Pendidikan Nasional, 2001. ick, Walter and Carey Lou, The Systematic Design of instruction 3rd Ed, Includes Bibliographical References, USA, Walter Dick and Lou Carey 1990. Gary. R, Morrison, Steven M, Ross, Jerrold E Kemp : Designing Effective Instruction, Third Edition John Wiley and Sons, inc printed in the USA 2001. Fleming, Malcoln L., Intructional Massage Design, Educational Technology Publications, Inc., Englewood Cliffs, New Jersey. 1981. West, Charles K., James A. Farmer., Phillip M. Wolff, Intructional design Allyn And Bacon, University of Illinois at Urbana-Champaign Boston, a991. | en_US |
dc.description.abstract | Desain pembelajaran dimulai dengan identifikasi masalah
pembelajaran. Analisa kebutuhan adalah cara yang efektif untuk
mengidentifiaski masalah-masalah yang muncul dalam sebuah
organisasi pembelajaran, terutama bila perancangannya atau dalm
mendesain pembelajaranyya tidak begitu akurat. Analisa kebutuhan
dapat mengidentifikasi enam jenis kebutuhan; normative,
comparative, felt, expressed, autisipated and critical accident. Analisa
tujuan bisa menggunakan analisa kebutuhan maupun bantuan
pembelajaran: proses analisa tujuan pertama meng-identifikasi tujuan
dan menetapkan, memilih, membuat prioritas. Maka dalam
permasalahan pembelajaran (Intructional Problem) paling tidak
memperhatikan tiga hal yaitu pertama sikap yang diharapkan
(Performance Assessment). Kedua, menganalisa tujuan dan ketiga
kebutuhan pembelajaran (Needs Assessment/Analysis) masihkah
sikap-sikap itu sesuai dengan tujuan yang relevan itu juga sesuai
dengan kebutuhan itu sendiri? | en_US |