Partisipasi Pendidikan Siswa SD, SMP, SMA di Kabupaten Wonogiri Tahun 2014-2016
View/ Open
Date
2017-05-22Author
Astriana, Dea
Daryanti, Wiwin
Putri, Novita Sari
Putri, Eldiana Eisha
Tiyas, Ahsanun Nisak Ninda Kusumaning
Metadata
Show full item recordAbstract
Pendidikan merupakan indikator pembangunan dan kualitas Sumber Daya
Manusia (SDM) suatu negara. Salah satu faktor utama keberhasilan
pembangunan disuatu negara adalah tersedianya cukup sumber daya
manusia yang berkualitas. Salah satu parameter keberhasilan pendidikan
adalah menuntaskan Angka Partisipasi Kasar (APK) dan Angka Partisipasi
Murni (APM) dalam mutu pendidikan. Tujuan yang ingin dicapai dari
penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penduduk
terhadap pendidikan yang mendorong kemajuan bangsa. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif.
Sumber data adalah data sekunder berupa data yang diambil dari Dinas
Pendidikan Kabupaten Wonogiri Tahun 2014–2016. Angka Partisipasi Kasar
tahun 2014-2016 Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah
Menengah Atas mengalami penurunan dan kenaikan. Hasil analisis Angka
Partisipasi Kasar dan Angka Partisipasi Murni Tahun 2014-2016
menunjukkan, 1) Angka Partisipasi Kasar dan Angka Partisipasi Murni
tingkat Sekolah Dasar mengalami penurunan sebesar 20% dan 23%; 2)
Angka Partisipasi Kasar dan Angka Partisipasi Murni tingkat Sekolah
Menengah Pertama mengalami kenaikan sebesar 20% dan 3%; 3) Angka
Partisipasi Kasar dan Angka Partisipasi Murni tingkat Sekolah Menengah
Atas mengalami kenaikan sebesar 7% dan 8%.