dc.identifier.citation | 81 Hubungan Daya Ingat Jangka Pendek dan ... (Setyo Purwanto) Abdurrahman, F. B. 1996. Ulumul Qur-an. Yogyakarta : Titian Illahi Press. Ahsin. 1995. Metode Menghafal Al-Qur’an. Jakarta (Makalah). Balai Penelitian dan Pengembangan Sistem Pengajaran Baca Tulis Al-Qur’an LPTQ NAS Ahsin. 1995. Upaya Memadukan Tahfidzul Qur’an Dengan Sekolah Umum dan Keagamaan (Makalah). Balai Penelitian dan Pengembangan Sistem Pengajaran Baca Tulis Al-Qur’an LPTQ NAS. Anderson, J.R. 1995. Learning And Memory (an Integrated Aproach). Carnegi Mellon University. Atkinson, R.L.; Atkinson, R.C.; & Hilgard, E.R. 1983. Introduction to Psychology. San Diego: Harcourt Brace Jovanovich Inc. Baum, K. 1978. Applied Regresion Analysis And Other Multovariable Methods. Calivornia: Wadsworth. Baddeley, A.D. 1976. The Psychology of Memory. New York : Harper and Row. SUHUF, Vol. 19, No. 1, Mei 2007: 70 - 83 82 Crider, A. & Goethals B.C. 1983. Psychology. Glanview : Scott, Foresman and Co. Deese, J. & Hulse, S.H. 1967. The Psychology of Learning. (3rd. Ed.). Tokyo : McGraw Hill Kogakusha Inc. Etsem, M. B. 1993. Pengaruh Intensitas Kebisingan Terhadap Daya Ingat Jangka Pendek. Abstrak Skripsi (tidak diterbitkan). Fakultas Psikologi UGM. Gie, T.L. 1984. Kemajuan Studi. Yogyakrta: Yayasan Studi Ilmu dan Teknologi. Goodale, R.A, and Golderg, E.R. 1978. Experiencing Psychology. Chicago: Science Research Associates. Inc. Hadi, S. 1986. Statistic. Jilid TEL Yogyakarta: Yayasan Penerbit Fakultas Psikologi UGM. Hulse, S.H, Deese, J. and Egeth, H. 1975. The Psychology of Learning. New York : Mc Graw Hill Co. Jung, J. and Bailey, J.H. 1976. Contemporary Psychology Experiments: Adaptations for Laboratory (2nd. Ed.). New York : John Wiley and Sons. Kagan, J. and Haveman, E. 1976. Psychology -An Introduction. (3rd Ed.). Matlin, M. W. 1989. Cognition. Second Edition. State University of New York. Morgan, C.T. and King, R.A- 1975. Introduction to Psychology. Tokyo : McGraw Hill Kogakusha Ltd. Murdock Jr. , B.B. 1974 Human Memory - Theory and Data. New York : John Wiley and Sons. Nogroho T.S.A. 1996. Pengaruh Metode Penyajian Informasi Audio Visual Terhadap Memori. Abstrak Skripsi (tidak diterbitkan). Fakultas Psikologi UGM. Qori, M. T. 1998. Cara Mudah Menghafal Al-Qur’an (terjamdhan). Jakarta : Gema Insani Press. Rathus, S.P. 1981. Psychology. New York : CBS College Publishing. Rubin, Z.B. and McNeil, E.B. 1981. The Psychology of Human Being (3rd Ed.). New York ; Harper and Rows Publisher. Robert S. S. 1990. Children ‘s Thinking, Second Edition. The Carnegie-Mellon University. New Jersey. Schwartz, B. and Reisberg, D. 1991. Learning and Memory. New York : W. Norton and Company. Solso, R.L. 1988. Cognitive Psychology. (2nd. Ed.). Boston : Allyn and Bacon, Inc. Sugiyanto dkk. 1984. Informasi Tes. Yogyakarta: Fakultas Psikologi UGM. Suryabrata, S. 1995. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Utomo, B. 1994. Pendidikan Minimum Vs. Maksismum. Artikel Seminar. Walter, K. 1970. Learning, Memory and Conceptual Processes, Colorado Boulder: University of Colorado Walgito, B. 1994. Pengantar Psikologi Umum (Cet I, Ed.II). Yogyakarta; Yayasan Penerbitan Fakultas Psikologi UGM. Winkel, W.S. 1996. Psikologi Pengajaran. Jakarta: PT. Gramedia. Zen, M. 1985. Problematika Menghapal Al-Qur’an. Pustaka Al-Husna. Zamroni. 1997. Hasil Pendidikan yang Utuh (Intelektual, Emosional, dan Sosial). Media Indonesia. ________, 1998. Panduan Lengkap SPSS 6.0 for Windows. (cet 2 Ed1). Yogyakarta: Penerbit Audi, dan Semarang : Wahana Komputer. ________, 24 Nov 1984. Biar Katrolan Asal Lulus. Jakarta: Tempo. ________,1988-1995. Daftar Skripsi dan Penelitian Fakultas Psikologi UGM. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada | en_US |
dc.description.abstract | Dengan bertambahnya umur, seorang mengembangkan cara yang
lebih mahir untuk mengingat sehingga lebih mampu mengolah
masukan baru. Salah satu ciri khas dari perkembangan intelektual
ialah bertambahnya kemampuan untuk memonitor dan mengarahkan
proses berfikirnya sendiri, mulai dari memusatkan pada sesuatu,
menyimpan informasi di ingatan jangka pendek dan menggali
ingatan jangka panjang. Berdasar rumusan permasalahan di atas
maka penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi tentang
kecepatan menghafal Al-Qur’an ditinjau dari daya ingat jangka
pendek. Alat Peterson & Peterson (Matlia, 1998). Modifikasi yang
dilakukan penulis terletak pada cara penyampaian soal, cara
menjawab, dan jumlah serta materi soal yang diberikan. Berdasarkan
hasil dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa: pertama, daya ingat
jangka pendek berpengaruh secara signifikan terhadap kecepatan
menghafal Al-Qur’an. Semakin tinggi daya ingat jangka pendeknya
maka akan semakin cepat pula dalam menghafal. Kedua, kecerdasan
tidak dapat dimasukkan dalam analisis sebab antara kecerdasan
dengan daya ingat jangka pendek terjadi kolinearitas. | en_US |