Show simple item record

dc.contributor.authorDesternelli
dc.contributor.authorHayati, Suci
dc.contributor.authorWijayanti, Mei Nur
dc.date.accessioned2017-07-26T03:24:23Z
dc.date.available2017-07-26T03:24:23Z
dc.date.issued2017-05-13
dc.identifier.citationBanoe, Pono. (2013). Kamus musik. Yogyakarta: Kanisius. Daryanto. (2014). Penelitian tindakan kelas dan penelitian tindakan sekolah beserta contoh-contohnya. Yogyakarta: Gava Media. Dimyati dan Mudjiono. (2013). Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta. Ekawarna. (2011). Penelitian tindakan kelas. Jakarta: Gaung Persada. Feezel, Mark. (2011). Music theory fundamentals high-yields music theory, vol. 1, diakses pada tanggal 2 Februari 2016 dari http://learnmusictheory.net Murtono, Sri, Sri Murwarni, dan Naniek Sri Winarni. (2005). Kerajinan Tangan dan Kesenian. Jakarta: Yudhistira. Muttaqin, Moh dan Kustap, (2008). Seni musik klasik. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional. Nixon, Meghan, (2015). Solfege: A Beginner’s Guide. diakses pada tanggal 12 Februari 2016 dari http://www.howtosingsmarter.com/s olfege/. Sagala, Syaiful, (2013). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta. Sumaryanto, F. Totok, (2005). “Efektifitas Penggunaan Metode Solfegio untuk Pembelajaran Keterampilan Bermain Musik di Sekolah Dasar”. Jurnal HARMONIA: Jurnal Pengetahuan dan Pemikiran Seni. Vol. VI No. 2/Mei-Agustus 2005. Watson, Vicki, (2012). Teaching Your Young Child Music. Brillkids Inc. diakses pada tanggal 2 Februari 2016 dari http://www.brillkids.com/teachmusic.in_ID
dc.identifier.isbn978-602-70471-2-9
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/9063
dc.description.abstractArtikel ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menyanyikan lagu wajib nasional siswa SDN 111.I Muarabulian menggunakan Solfegio. Penelitian ini menggunakan metode PTK kolaboratif. Hasil penelitian menunjukkan penerapan metode Solfegio dapat meningkkatkan kemmapuan menyanyi siswa. Hal ini terlihat dari aspek menyanyi skala musikal pada siklus pertama dimana sebanyak 64,71% mampu bernyanyi selaras dengan not musik. Pada siklus kedua meningkat menjadi 76,47% dan menjadi 82,35% pada Siklus III. Sementara itu, aspek nyanyian nada nada berbasis nada musik pada siklus I adalah 52,94% meningkat menjadi 58,82% pada siklus II yang mencapai 76,47% pada siklus III. Selanjutnya, aspek melodi yang harmonis bernyanyi dengan not musik pada siklus I meningkat 52,94% pada siklus II sebanyak 76,47% dan mencapai 79,41% pada siklus III. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa dalam rangka meningkatkan kemampuan menyanyi siswa Nasional Kelas IV SDN 111 / I Muarabulian dapat diimplementasikan dengan metode Solfegio selama kelas musik (bernyanyi) dengan berlatih bernyanyi: (1) musikal Skala, (2) interval nada, dan (3) melodi.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherProgram Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMSin_ID
dc.subjectkemampuan menyanyiin_ID
dc.subjectmetode solfegioin_ID
dc.subjectlagu wajib nasionalin_ID
dc.titleMeningkatkan Kemampuan Menyanyikan Lagu Wajib Nasional Dengan Metode Solfegio Di Sekolah Dasarin_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record