Browsing Prosiding Seminar Nasional dan Call for Papers Pendidikan 2017 (PGSD UMS & HDPGSDI Wilayah Jawa) by Title
Now showing items 1-20 of 48
-
Analisis Karya Keterampilan Dua Dimensi Teknik Montase: Studi Kasus Pembuatan Bahan Ajar Bagi Guru Sekolah Dasar di SD Muhammadiyah Gendol 7 Sleman Yogyakarta
(Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMS, 2017-05-13)Tujuan dari penulisan ini adalah membantu guru sekolah dasar dalam membuat bahan ajar berbasis seni dan budaya dengan teknik montase, sehingga diperoleh suatu hasil yang pada umumnya disebut hasil pengajaran dan dapat ... -
Analisis Pelatihan Strategi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Untuk Mewujudkan Sekolah Adiwiyata Bagi Guru Sekolah Dasar Di Kecamatan Piyungan
(Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMS, 2017-05-13)Artikel ini adalah artikel mengenai pemaparan hasil dari pengabdian kepada masyarakat. Adapun tujuan dari pengabdian kepada masyarakat adalah untuk memberikan pembekalan pada guru-guru SD di Kecamatan Piyungan untuk dapat ... -
Analisis Penerapan Pembelajaran Berbasis Lesson Study Dalam Melatihkan Keterampilan Pedagogik Calon Guru SD Pada Matakuliah Pengembangan Pembelajaran IPA SD
(Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMS, 2017-05-13)Tujuan Penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan Pembelajaran berbasis Lesson Study dalam melatihkan keterampilan pedagogik calon guru SD pada matakuliah Pengembangan Pembelajaran IPA SD. Penelitian ini menggunakan ... -
Bias Penulisan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Pada Buku Pelajaran Agama Islam Sekolah Dasar
(Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMS, 2017-05-13)This study is aimed to identify the form of character values in the textbook of Islamic Religion Education for primary school and the correspondence with character values formulated by Center of Curriculum of Ministry ... -
Efektivitas Perhatian Orangtua dan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas Tinggi SDM 15 Surakarta Tahun 2016/ 2017
(Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMS, 2017-05-13)ujuan penelitian ini untuk mengetahui (1)Efektivitas perhatian orangtua dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas tinggi SD Muhammadiyah 15 Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017, (2)Efektivitas perhatian ... -
Evaluasi Program Magang Mahasiswa PGSD di Sekolah Dasar
(Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMS, 2017-05-13)Penelitian ini dimaksudkan untuk dapat: mendeskripsikan pelaksanaan Program Magang prodi PGSD, mendapatkan informasi tentang hambatan, dan kendala pelaksanaan Magang sejak perencanaan hingga pelaksanaan Magang, informasi ... -
Interaksi Pada Pendekatan Saintifik (Kajian Teori Scaffolding)
(Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMS, 2017-05-13)Pendekatan saintifik merupakan salah satu unsur strategis di dalam praktik Kurikulum 2013 (K13). Pendekatan saintifik tersebut memiliki lima unsur yang merupakan satu kesatuan, yaitu: mengamati, menanya, mencoba, ... -
Kemampuan Calon Guru Dalam Mengembangkan Pra Pedagogical And Professional – Experience Repertoires (PaP-eRs) Sebagai Pendukung Dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Sesuai Karakteristik Pedagogical Content Knowledge (PCK)
(Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMS, 2017-05-13)This study aims to determine the ability of pre-service teachers’ in developing pre PaP-eRs as a support in implementing learning according to the characteristics of PCK. Pre PaP-eRs is a narrative description of pre-service ... -
Kemampuan Guru Menerapkan Keterampilan Proses Sains Dalam Pembelajaran Ipa Pada Siswa Kelas IV B SDM 14 Surakarta
(Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMS, 2017-05-13)This research was intend to know the implementation of scientific process skills in elementary school of Muhammadiyah 14 Surakarta. It was qualitative research. The subject of this research was students on grade IV B. ... -
Kepemimpinan Kewirausahaan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Teacherpreneurship di Era MEA
(Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMS, 2017-05-13)Tujuan penelitian ini untuk mendiskripsikan kepemimpinan kewirausahaan kepala sekolah dalam: 1)meningkatkan pengetahuan kewirausahaan bagi guru di era MEA; 2) menumbuh-kembangkan jiwa kewirausahaan bagi guru di era MEA; ... -
Kesiapan Mahasiswa Calon Guru Sekolah Dasar Dalam Mengimplementasikan Kurikulum 2013
(Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMS, 2017-05-13)Artikel ini membahas tentang kesiapan mahasiswa calon guru sekolah dasar dalam mengimplementasikan kurikulum 2013. Kesiapan ini dilihat dari 5 dimensi, yaitu (1) tingkat kepribadian dan sosial mahasiswa calon guru, (2) ... -
Kualitas Pembelajaran Sekolah Dasar Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA)
(Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMS, 2017-05-13)Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) belakangan ini mengusik masyarakat. MEA diyakini sebagai era di mana orang “bebas-sebebasnya” berbisnis tanpa aturan dan etika. Siapa yang kuat dia yang menang, siapa yang punya modal ia ... -
MEA dan Bahasa Inggris di Sekolah Dasar
(Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMS, 2017-05-13)khir tahun 2015 atau memasuki awal tahun 2016, seluruh negara ASEAN telah menyepakati adanya integrasi ekonomi yang bernama MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN). MEA atau dalam bahasa Inggris dikenal sebagai ASEAN Economic ... -
Memupuk Kompetensi Dan Profesionalisme Guru Sekolah Dasar Muhammadiyah
(Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMS, 2017-05-13)Guru sekolah dasar wajib memiliki empat kompetensi dalam menjalankan tugas profesinya sebagai guru. kinerja yang baik menunjukkan ukuran profesionalismenya seorang guru. Namun, ukuran profesionalisme tersebut masih ... -
Mengajar Cara Berpikir, Meraih Ketrampilan Abad 21
(Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMS, 2017-05-13)This research is a qualitative descriptive research, which aims to explain the application of teaching thinking in the second semester students' learning Teacher Education Elementary School Tadulako University. The first ... -
Mengefektifkan Peranan Guru Berbasis Kompetensi Melalui Model Covey
(Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMS, 2017-05-13)Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk: (1)memberikan salah satu alternatif konsep cara mengefektifkan peranan guru berbasis kompetensi melalui model Covey; (2) Mendeskripsikan kendala dan solusi dalam mengefektifkan ... -
Meningkatkan Kemampuan Menyanyikan Lagu Wajib Nasional Dengan Metode Solfegio Di Sekolah Dasar
(Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMS, 2017-05-13)Artikel ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menyanyikan lagu wajib nasional siswa SDN 111.I Muarabulian menggunakan Solfegio. Penelitian ini menggunakan metode PTK kolaboratif. Hasil penelitian menunjukkan penerapan ... -
Model Pembelajaran Berbasis Manajemen Program Kerja Ilmiah Sebagai Salah Satu Solusi Pembelajaran Terbarukan Abad 21
(Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMS, 2017-05-13)Penelitian ini membahas mengenai desain terhadap program kelas Sekolah Dasar yang mengedepankan aspek pembelajaran bermakna dan berpusat pada siswa, sesuai dengan yang diamanatkan dalam kurikulum 2013. Metode yang digunakan ... -
Nilai Kepahlawanan Dalam Pembelajaran IPS Sekolah Dasar Studi Konseptual
(Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMS, 2017-05-13)Pendidikan dasar mempunyai peranan penting dalam upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia baik di bidang intelektual, emosional, sosial, maupun spiritual. Perencanaan pembelajaran yang baik pada mata pelajaran ... -
Pembelajaran Blended Learning Melalui Google Classroom di Sekolah Dasar
(Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMS, 2017-05-13)Pembelajaran yang baik adalah melibatkan seluruh civitas akademik di Sekolah Dasar. Blended learning merupakan pembelajaran yang dilakukan di dalam kelas dan di luar kelas. Hasil survei Asosiasi Penyelenggara Jaringan ...