• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Pendidikan
    • Prosiding Seminar Nasional dan Call for Papers Pendidikan 2017 (PGSD UMS & HDPGSDI Wilayah Jawa)
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Pendidikan
    • Prosiding Seminar Nasional dan Call for Papers Pendidikan 2017 (PGSD UMS & HDPGSDI Wilayah Jawa)
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pendekatan Placed-Based Education Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Untuk Optimalisasi Literasi Sains dan Sikap Ilmiah Siswa Tingkat Sekolah Dasar

    Thumbnail
    View/Open
    11.pdf (295.6Kb)
    Date
    2017-05-13
    Author
    Widayanti, Esti Yuli
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Berdasarkan karakteristik pendekatan ilmiah, kurikulum 2013 merupakan kurikulum yang sangat dekat dengan pengajaran sains. Kegiatan dalam pendekatan berupa kegiatan mengamati, bertanya, mengelompokkan, memperkirakan, menginferensi, dan menyimpulkan adalah kegiatan pokok dalam pembelajaran materi sains dan merupakan salah satu kompetensi yang diharapkan sebagai hasil belajar sains, selain penguasaan produk sains dan pembentukan sikap ilmiah. Tulisan ini bertujuan: 1) menelaah konsep pembelajaran dalam place-based education (PBE) dalam kaitannya dengan pendekatan ilmiah dalam kurikulum 2013; 2) mendeskripsikan berbagai aktivitas yang dapat dilakukan dalam PBE berbasis konteks yang dapat meningkatkan literasi sains siswa; serta 3) mengeksplorasi sikap ilmiah yang dapat dikembangkan melalui berbagai aktifitas dalam PBE. Salah satu pendekatan pembelajaran sains dengan melibatkan ruang kelas dan luar ruang kelas adalah place-based education (PBE). PBE dianggap mampu membiasakan siswa untuk melakukan keterampilan proses sains dengan dukungan wajib dari sikap ilmiah. Sikap ilmiah atau scientific attitude adalah satu dari tiga tujuan belajar sains disamping penguasaan produk dan keterampilan proses sains. Penguasaan sikap ilmiah ini dapat dilakukan kalau pembelajaran dilakukan dengan metode dan strategi yang tepat. Sikap ilmiah yang terlibat dalam aktivitas PBE akan menjadi penentu keberhasilan aktivitas tersebut dan juga akan tetap melekat pada siswa sebagai sebuah sikap yang akan dia bawa dalam karakter mereka untuk menjalani kehidupan sehari-hari dengan segala problematikanya.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/9065
    Collections
    • Prosiding Seminar Nasional dan Call for Papers Pendidikan 2017 (PGSD UMS & HDPGSDI Wilayah Jawa)

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV