Lesson Study menggunakan Metode Sosiodrama sebagai Upaya Peningkatan Pembelajaran dan Pembangunan Karakter Mahasiswa
View/ Open
Date
2017-05-24Author
Mustolikh, M.
Sutomo, S.
Sriwanto, Sigid
Metadata
Show full item recordAbstract
Penerapan Lesson Study menggunakan metode sosiodrama pada mata kuliah Pendidikan
Karakter bertujuan untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan membantu
pembangunan karakter mahasiswa. Lesson study dirancang dalam 4 (empat) siklus yang
setiap siklus terdiri atas 3 (tiga) kegiatan, yaitu perencanaan (plan), pelaksanaan (do), dan
refleksi (see). Subjek penelitian adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Geografi yang
menempuh mata kuliah Pendidikan Karakter pada semester gasal tahun akademik 2016/2017,
sejumlah 16 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan: wawancara, dokumentasi dan
observasi, yang selanjutnya dianalisis dengan analisis deskriptif kualitatif. Selama proses
pembelajaran dilakukan observasi terhadap aktivitas pembelajaran secara komprehensif baik
mahasiswa yang tampil sebagai pemateri atau pemeran tema sosiodrama maupun mahasiswa
yang bertindak sebagai audiens. Hasil-hasil yang diperoleh dari penerapan Lesson Study
menggunakan metode sosiodrama, adalah: (1) terjadi peningkatan kualitas proses
pembelajaran: mahasiswa semakin aktif, mahasiswa terlihat antusias dalam pelaksanaan
sosiodrama, dan perkuliahan tidak membosankan; (2) sewaktu mahasiswa memerankan tema
sosiodrama, karakter yang tumbuh dan berkembang adalah: nilai-nilai religius, jujur, toleransi,
disiplin, kerja keras, kreatif, demokratis, semangat kebangsaan, cinta tanah air, bersahabat,
cinta damai, dan peduli sosial; dan ( 3 ) sewaktu mahasiswa bertindak sebagai audiens dan
observer, karakter yang tumbuh dan berkembang adalah: nilai-nilai rasa ingin tahu,
menghargai prestasi, dan kerjasama.