dc.contributor.author | Mustolikh, M. | |
dc.contributor.author | Sutomo, S. | |
dc.contributor.author | Sriwanto, Sigid | |
dc.date.accessioned | 2017-07-31T02:12:42Z | |
dc.date.available | 2017-07-31T02:12:42Z | |
dc.date.issued | 2017-05-24 | |
dc.identifier.citation | [1] Afiyah, dkk. “Strategi Pendidikan Agama Islam pada Sekolah Menengah Umum di Kotamadya Yogyakarta: Sebuah Kajian Pembelajaran Afektif”. Jurnal Penelitian Agama. Yogyakarta: IAIN Sunan Kalijaga Yogayakarta. 2003. [2] Afandi, R. Integrasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Pedagogia. 1(1), pp.85- 98. 2011. [3] Arikunto, Suharsini, Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta, 2002. pp.213. [4] Kemendiknas, Badan Penelitian dan Pengembangan, Pusat Kurikulum dan Pembukuan. 2011. Pedoman Pelaksanaan Pendidikan Karakter. Jakarta: Kemendiknas [5] Miles, Matthew B dan Huberman, A Michael. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Universitas Indonesia Press. 1992. pp.20. [6] Rusman, Model-Model Pemebelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Bandung: Raja Grafindo Persada, 2010. [7] Suparno, Suhaenah, Membangun Kompetensi Belajar. Jakarta : Depdiknas, 2013. [8] Sandi, W. “Pengembangan Bahan Workshop Lesson Study Serta Implementasi Oleh Guru Matematika di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Pangkalpinang,” tesis, Palembang: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2010. pp.20. [9] Sukirman, “Peningkatan Keprofesionalan Guru Melalui Lesson Study” makalah disajikan dalam Pelatihan Lesson Study Bagi Guru Berprestasi dan MGMP MIPA SMP Seluruh Indonesia, Yogyakarta, 26 November-10 Desember 2006. pp. 2. [10] Wina Sanjaya, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta : Kencana Prenada Media Group, 2007, pp 159. | in_ID |
dc.identifier.issn | 2580-8796 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/9079 | |
dc.description.abstract | Penerapan Lesson Study menggunakan metode sosiodrama pada mata kuliah Pendidikan
Karakter bertujuan untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan membantu
pembangunan karakter mahasiswa. Lesson study dirancang dalam 4 (empat) siklus yang
setiap siklus terdiri atas 3 (tiga) kegiatan, yaitu perencanaan (plan), pelaksanaan (do), dan
refleksi (see). Subjek penelitian adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Geografi yang
menempuh mata kuliah Pendidikan Karakter pada semester gasal tahun akademik 2016/2017,
sejumlah 16 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan: wawancara, dokumentasi dan
observasi, yang selanjutnya dianalisis dengan analisis deskriptif kualitatif. Selama proses
pembelajaran dilakukan observasi terhadap aktivitas pembelajaran secara komprehensif baik
mahasiswa yang tampil sebagai pemateri atau pemeran tema sosiodrama maupun mahasiswa
yang bertindak sebagai audiens. Hasil-hasil yang diperoleh dari penerapan Lesson Study
menggunakan metode sosiodrama, adalah: (1) terjadi peningkatan kualitas proses
pembelajaran: mahasiswa semakin aktif, mahasiswa terlihat antusias dalam pelaksanaan
sosiodrama, dan perkuliahan tidak membosankan; (2) sewaktu mahasiswa memerankan tema
sosiodrama, karakter yang tumbuh dan berkembang adalah: nilai-nilai religius, jujur, toleransi,
disiplin, kerja keras, kreatif, demokratis, semangat kebangsaan, cinta tanah air, bersahabat,
cinta damai, dan peduli sosial; dan ( 3 ) sewaktu mahasiswa bertindak sebagai audiens dan
observer, karakter yang tumbuh dan berkembang adalah: nilai-nilai rasa ingin tahu,
menghargai prestasi, dan kerjasama. | in_ID |
dc.language.iso | id | in_ID |
dc.publisher | Muhammadiyah University Press` | in_ID |
dc.subject | Lesson Study | in_ID |
dc.subject | sosiodrama | in_ID |
dc.subject | pembangunan karakter | in_ID |
dc.title | Lesson Study menggunakan Metode Sosiodrama sebagai Upaya Peningkatan Pembelajaran dan Pembangunan Karakter Mahasiswa | in_ID |
dc.type | Article | in_ID |