Show simple item record

dc.contributor.authorMustolikh, M.
dc.contributor.authorSutomo, S.
dc.contributor.authorSriwanto, Sigid
dc.date.accessioned2017-07-31T02:12:42Z
dc.date.available2017-07-31T02:12:42Z
dc.date.issued2017-05-24
dc.identifier.citation[1] Afiyah, dkk. “Strategi Pendidikan Agama Islam pada Sekolah Menengah Umum di Kotamadya Yogyakarta: Sebuah Kajian Pembelajaran Afektif”. Jurnal Penelitian Agama. Yogyakarta: IAIN Sunan Kalijaga Yogayakarta. 2003. [2] Afandi, R. Integrasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Pedagogia. 1(1), pp.85- 98. 2011. [3] Arikunto, Suharsini, Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta, 2002. pp.213. [4] Kemendiknas, Badan Penelitian dan Pengembangan, Pusat Kurikulum dan Pembukuan. 2011. Pedoman Pelaksanaan Pendidikan Karakter. Jakarta: Kemendiknas [5] Miles, Matthew B dan Huberman, A Michael. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Universitas Indonesia Press. 1992. pp.20. [6] Rusman, Model-Model Pemebelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Bandung: Raja Grafindo Persada, 2010. [7] Suparno, Suhaenah, Membangun Kompetensi Belajar. Jakarta : Depdiknas, 2013. [8] Sandi, W. “Pengembangan Bahan Workshop Lesson Study Serta Implementasi Oleh Guru Matematika di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Pangkalpinang,” tesis, Palembang: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2010. pp.20. [9] Sukirman, “Peningkatan Keprofesionalan Guru Melalui Lesson Study” makalah disajikan dalam Pelatihan Lesson Study Bagi Guru Berprestasi dan MGMP MIPA SMP Seluruh Indonesia, Yogyakarta, 26 November-10 Desember 2006. pp. 2. [10] Wina Sanjaya, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta : Kencana Prenada Media Group, 2007, pp 159.in_ID
dc.identifier.issn2580-8796
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/9079
dc.description.abstractPenerapan Lesson Study menggunakan metode sosiodrama pada mata kuliah Pendidikan Karakter bertujuan untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan membantu pembangunan karakter mahasiswa. Lesson study dirancang dalam 4 (empat) siklus yang setiap siklus terdiri atas 3 (tiga) kegiatan, yaitu perencanaan (plan), pelaksanaan (do), dan refleksi (see). Subjek penelitian adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Geografi yang menempuh mata kuliah Pendidikan Karakter pada semester gasal tahun akademik 2016/2017, sejumlah 16 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan: wawancara, dokumentasi dan observasi, yang selanjutnya dianalisis dengan analisis deskriptif kualitatif. Selama proses pembelajaran dilakukan observasi terhadap aktivitas pembelajaran secara komprehensif baik mahasiswa yang tampil sebagai pemateri atau pemeran tema sosiodrama maupun mahasiswa yang bertindak sebagai audiens. Hasil-hasil yang diperoleh dari penerapan Lesson Study menggunakan metode sosiodrama, adalah: (1) terjadi peningkatan kualitas proses pembelajaran: mahasiswa semakin aktif, mahasiswa terlihat antusias dalam pelaksanaan sosiodrama, dan perkuliahan tidak membosankan; (2) sewaktu mahasiswa memerankan tema sosiodrama, karakter yang tumbuh dan berkembang adalah: nilai-nilai religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, demokratis, semangat kebangsaan, cinta tanah air, bersahabat, cinta damai, dan peduli sosial; dan ( 3 ) sewaktu mahasiswa bertindak sebagai audiens dan observer, karakter yang tumbuh dan berkembang adalah: nilai-nilai rasa ingin tahu, menghargai prestasi, dan kerjasama.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherMuhammadiyah University Press`in_ID
dc.subjectLesson Studyin_ID
dc.subjectsosiodramain_ID
dc.subjectpembangunan karakterin_ID
dc.titleLesson Study menggunakan Metode Sosiodrama sebagai Upaya Peningkatan Pembelajaran dan Pembangunan Karakter Mahasiswain_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record