• Login
    View Item 
    •   Home
    • Terbitan Berkala Ilmiah (Journal)
    • Suhuf
    • Volume 19 No. 02, November 2007
    • View Item
    •   Home
    • Terbitan Berkala Ilmiah (Journal)
    • Suhuf
    • Volume 19 No. 02, November 2007
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    MOTIVASI MAHASISWA THAILAND UNTUK BELAJAR DI FAKULTAS AGAMA ISLAM JURUSAN TARBIYAH UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA

    Thumbnail
    View/Open
    7. ARI TRI PRASETYO.pdf (328.5Kb)
    Date
    2007-11
    Author
    Prasetyo, Ary Tri
    Zuhri, Saifuddin
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    SUHUF, Vol. 19, No. 2, Nopember 2007: 170 - 189 170 Fakultas Agama Islam Jurusan Tarbiyah UMS, para mahasiswa tidak berasal dari daerah Jawa saja melainkan juga dari daerah lain, bahkan dari luar negeri diantaranya ada yang berasal dari Thailand. Oleh karena itu keberadaan motivasi belajar mahasiswa Thailand sangat menarik untuk diungkapkan karena dengan motivasi inilah yang menjadi energi untuk mencapai tujuannya. Penelitian ini mempunyai rumusan masalah bagaimanakah motivasi belajar mahasiswa Thailand dan apakah motivasi belajar mahasiswa Thailand dapat mempengaruhi prestasi belajarnya. Adapun pertanyaan penelitian dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah motivasi belajar mahasiswa Thailand? Lokasi penelitian di FAI UMS dan tempat kos Subjek. Subjek penelitian adalah mahasiswa Thailand sejumlah 2 orang. Pengumpulan data menggunakan metode observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa motivasi belajar mahasiswa Thailand di FAI Jurursan Tarbiyah UMS sama. Dalam hal ini adalah motivasi intrinsik. Dalam proses belajarnya, kedua subjek muncul motivasi ekstrinsik. Adapun hal-hal yang mempengaruhi tingginya motivasi belajar pada subjek adalah ingin menjadi hamba yang bertaqwa, ingin menjadi contoh, hasrat ingin belajar, minat, cita-cita, pengetahuan luar atau wawasan, serta orang tua. Sedangkan hal-hal yang menyebabkan kurangnya motivasi belajar pada subjek adalah kemampuan komunikasi mahasiswa yang kurang dalam memahami bahasa Indonesia, teknik mengajar yang kurang efektif, dan kurang minat.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/910
    Collections
    • Volume 19 No. 02, November 2007

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV