Show simple item record

dc.contributor.authorPrasetyo, Ary Tri
dc.contributor.authorZuhri, Saifuddin
dc.date.accessioned2012-04-21T10:15:34Z
dc.date.available2012-04-21T10:15:34Z
dc.date.issued2007-11
dc.identifier.citation187 Motivasi Mahasiswa Thailand untuk Belajar ... (Ary Tri P. dan Saifuddin Z.) Ahmadi, H.A. dan Supriyono, W. 1990. Psikologi Belajar. PT. Rineka Cipta. Jakarta. Al Zairy, A.B. 2001. Ilmu Dan Ulama. Pustaka Azzam. Jakarta. Aminuddin. 1990. Penelitian Kualitatif Dalam Bidang Bahasa dan Sastra. Yayasan Asih Asah Asuh (YA3) Malang. SUHUF, Vol. 19, No. 2, Nopember 2007: 170 - 189 188 Sardiman, A.M. 2001. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta Andre. 2005. Hubungan Antara Motif Berprestasi dan Kreatifitas dengan Minat Berwirausaha. Jurnal Skripsi (tidak diterbitkan). UMS. Fakultas Psikologi. Arifin, H.M. 1993. Ilmu Pendidikan Islam. Bumi Aksara. Jakarta. Departemen Agama. 2000. Al Quran Dan Terjemahan Juz 1 – 30. UD. Mekar. Surabaya. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1994. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi Kedua. PT. Balai Pustaka. Jakarta. Faisal. 1990. Penelitian Kualitatif Dasar-dasar dan Aplikasi. Yayasan Asih Asah Asuh (YA3) Malang. Gerungan, W.A. 1991. Psikologi Sosial. PT. Tarsito. Bandung. Kartono, K. 2003. Ganguan-Gangguan Kejiwaan. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta. Meichati, SM. 1983. Kesehatan Mental. Yayasan Penerbit Fakultas UGM. Yogyakarta. Moleong, L.J. 2002. Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya. Bandung. Murjono. 1996. Intelegensi Dalam Hubungannya Dengan Prestasi Belajar. Journal Anima. Volume XI. Nomor 42. Nata, A. 1997. Filsafat Pendidikan Islam. Logos Wacana Ilmu. Jakarta. Nugroho, B. 1998. Hubungan Persepsi Siswa Terhadap Komunikasi Guru Dan Orang Tua Dengan Motivasi Belajar Pada Siswa. Skripsi. (tidak diterbitkan). Semarang. Fakultas Psikologi Unika Soegijopranoto. Poerwandari, E.K. 1998. Pendekatan Kualitatif Dalam Psikologi. Lembaga Pengembangan Sarana Pengukuran dan Pendidikan Psikologi (LPSP3) Fakultas UI. Jakarta. Pristiyanti, S. 2004. Hubungan Antara Motivasi Berkompetensi dengan Perilaku Pro Sosial Pada Remaja. Jurnal Skripsi (tidak diterbitkan). UMS. Fakultas Psikologi Pujowati. 2005. Sukses Berwirausaha (Studi Kasus Pada Pengrajin Batu di Sangiran). Skripsi (tidak diterbitkan). UMS. Fakultas Psikologi. Purwanto, N. 1992. Psikologi Pendidikan. PT. Remaja Rosdakarya. Bandung. Puspitasari, D. 2004. Konsep Belajar Dalam Perspektif Turunnya Al-Quran. Jurnal skripsi (tidak diterbitkan). UMS. Fakultas Psikologi. Shobahiya, M. 2001. Pendidikan : Pembentukan Manusia Unggul. Jurnal Pendidikan. Suhuf No. 02 Tahun XIII. UMS. Fakultas Magister Studi Islam. Soemanto, W. 1998. Psikologi Pendidikan. Rineka Cipta. Jakarta. Syah, M. 2004. Psikologi Pendidikan. PT. Remaja Rosdakarya. Bandung. Universitas Negeri Malang. 2000. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah : Skripsi, Tesis, Disertasi, Artikel, Makalah, Laporan Penelitian. UM. Malang. Walgito, B. 2004. Pengantar Psikologi Umum. Andi Offset. Yogyakarta. Widyastututi, Y. 2004. Bentuk Perhatian Orang Tua Dalam Memotivasi Belajar Anak. Jurnal Skripsi (tidak diterbitkan). UMS. Fakultas Psikologi. Wuryani, E. Djiwandono. 2002. Psikologi Pendidikan. PT. Grasindo. Jakarta.en_US
dc.identifier.issn0852-368X
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/910
dc.description.abstractSUHUF, Vol. 19, No. 2, Nopember 2007: 170 - 189 170 Fakultas Agama Islam Jurusan Tarbiyah UMS, para mahasiswa tidak berasal dari daerah Jawa saja melainkan juga dari daerah lain, bahkan dari luar negeri diantaranya ada yang berasal dari Thailand. Oleh karena itu keberadaan motivasi belajar mahasiswa Thailand sangat menarik untuk diungkapkan karena dengan motivasi inilah yang menjadi energi untuk mencapai tujuannya. Penelitian ini mempunyai rumusan masalah bagaimanakah motivasi belajar mahasiswa Thailand dan apakah motivasi belajar mahasiswa Thailand dapat mempengaruhi prestasi belajarnya. Adapun pertanyaan penelitian dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah motivasi belajar mahasiswa Thailand? Lokasi penelitian di FAI UMS dan tempat kos Subjek. Subjek penelitian adalah mahasiswa Thailand sejumlah 2 orang. Pengumpulan data menggunakan metode observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa motivasi belajar mahasiswa Thailand di FAI Jurursan Tarbiyah UMS sama. Dalam hal ini adalah motivasi intrinsik. Dalam proses belajarnya, kedua subjek muncul motivasi ekstrinsik. Adapun hal-hal yang mempengaruhi tingginya motivasi belajar pada subjek adalah ingin menjadi hamba yang bertaqwa, ingin menjadi contoh, hasrat ingin belajar, minat, cita-cita, pengetahuan luar atau wawasan, serta orang tua. Sedangkan hal-hal yang menyebabkan kurangnya motivasi belajar pada subjek adalah kemampuan komunikasi mahasiswa yang kurang dalam memahami bahasa Indonesia, teknik mengajar yang kurang efektif, dan kurang minat.en_US
dc.subjectMotivasien_US
dc.subjectMahasiswa Thailanden_US
dc.subjectbelajaren_US
dc.titleMOTIVASI MAHASISWA THAILAND UNTUK BELAJAR DI FAKULTAS AGAMA ISLAM JURUSAN TARBIYAH UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTAen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record