• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Pendidikan
    • Prosiding Seminar Nasional dan Call for Papers Pendidikan 2017 (PGSD UMS & HDPGSDI Wilayah Jawa)
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Pendidikan
    • Prosiding Seminar Nasional dan Call for Papers Pendidikan 2017 (PGSD UMS & HDPGSDI Wilayah Jawa)
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Model Mind Mapping Berbantuan Gambar Untuk Meningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas V Di Kota Semarang

    Thumbnail
    View/Open
    19.pdf (171.5Kb)
    Date
    2017-05-13
    Author
    Hartati, H
    Purnomo, P
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan penelitian ini untuk (1) menghasilkan model pembelajaran mind mapping berbantuan gambar, yang efektif mampu meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi siswa SD kelas V (2)menguji tingkat keefektifan model pembelajaran mind mapping berbantuan gambar dalam meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development. Teknik penelitian yang digunakan antara lain: (1) survey, (2) Delphi, (3)penelitian tindakan kelas, serta (4) eksperimen. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD di kota Semarang. Penentuan sampel penelitian, menggunakan teknik pengacakan kelompok penugasan atau “Randomized Group Assignment”. Hasil penelitian menunjukkan (1) Model Pembelajaran Mind Mapping berbantuan gambar yang efektif memiliki prosedur : (a) penyampaian tujuan pembelajaran, (b) penjelasan mengenai Mind Mapping, (c) siswa berkelompok dan guru memberikan Lembar Kerja Siswa berisi gambar sesuai tema dan gambar pendukung, (d) siswa berdiskusi kelompok membuat Mind Mapping, (e) secara kelompok siswa membuat karangan narasi berdasarkan Mind Mapping, (f)secara kelompok siswa menyajikan hasil karyanya, (g) siswa mengerjakan evaluasi pembelajaran; (2)Dengan mengontrol variabel inteligensi dan pengetahuan awal, model pembelajaran dengan model Mind Mapping berbantuan gambar lebih efektif daripada model pembelajaran ceramah dan diskusi dalam meningkatkan keterampilan menulis narasi siswa kelas V SD, dimana F hitung (Fo)= 4,473 dan F probabilitas (Fp)= 0,006. Saran yang diberikan terkait dengan hasil penelitian ini antara lain untuk menigkatkan kualitas pembelajaran Bahasa Indonesia di SD, khususnya keterampilan menulis narasi siswa kelas V SD, guru dapat menggunakan model Mind Mapping berbantuan gambar sebagai salah satu model pembelajaran
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/9113
    Collections
    • Prosiding Seminar Nasional dan Call for Papers Pendidikan 2017 (PGSD UMS & HDPGSDI Wilayah Jawa)

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV