Pengembangan Model Mind Mapping Berbantuan Gambar Untuk Meningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas V Di Kota Semarang
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk (1) menghasilkan model pembelajaran mind mapping berbantuan
gambar, yang efektif mampu meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi siswa SD kelas V
(2)menguji tingkat keefektifan model pembelajaran mind mapping berbantuan gambar dalam
meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi. Metode penelitian yang digunakan adalah
Research and Development. Teknik penelitian yang digunakan antara lain: (1) survey, (2) Delphi, (3)penelitian tindakan kelas, serta (4) eksperimen. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD di kota
Semarang. Penentuan sampel penelitian, menggunakan teknik pengacakan kelompok penugasan atau
“Randomized Group Assignment”. Hasil penelitian menunjukkan (1) Model Pembelajaran Mind
Mapping berbantuan gambar yang efektif memiliki prosedur : (a) penyampaian tujuan pembelajaran,
(b) penjelasan mengenai Mind Mapping, (c) siswa berkelompok dan guru memberikan Lembar Kerja
Siswa berisi gambar sesuai tema dan gambar pendukung, (d) siswa berdiskusi kelompok membuat
Mind Mapping, (e) secara kelompok siswa membuat karangan narasi berdasarkan Mind Mapping, (f)secara kelompok siswa menyajikan hasil karyanya, (g) siswa mengerjakan evaluasi pembelajaran; (2)Dengan mengontrol variabel inteligensi dan pengetahuan awal, model pembelajaran dengan model
Mind Mapping berbantuan gambar lebih efektif daripada model pembelajaran ceramah dan diskusi
dalam meningkatkan keterampilan menulis narasi siswa kelas V SD, dimana F hitung (Fo)= 4,473
dan F probabilitas (Fp)= 0,006. Saran yang diberikan terkait dengan hasil penelitian ini antara lain
untuk menigkatkan kualitas pembelajaran Bahasa Indonesia di SD, khususnya keterampilan menulis
narasi siswa kelas V SD, guru dapat menggunakan model Mind Mapping berbantuan gambar sebagai
salah satu model pembelajaran