• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Pendidikan
    • Prosiding Seminar Nasional dan Call for Papers Pendidikan 2017 (PGSD UMS & HDPGSDI Wilayah Jawa)
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Pendidikan
    • Prosiding Seminar Nasional dan Call for Papers Pendidikan 2017 (PGSD UMS & HDPGSDI Wilayah Jawa)
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Melalui Metode Field Trip Pada Siswa Kelas IV A SDN Tambakaji 04 Kota Semarang

    Thumbnail
    View/Open
    23.pdf (195.5Kb)
    Date
    2017-05-13
    Author
    Dewi, Indah Novita
    Samadhy, Umar
    Harrist, Busyairi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Fakta pembelajaran di kelas IV-A SD Tambakaji 04: proses pembelajaran mengarang, dimulainguru memerintahkan siswa mengarang dengan topik dari guru dan menggunakan ru- ang kelas sebagai tempat belajar. Produk siswa sedikit, kurang variatif. Rumusan masalah penelitian: apakah metode field trip dapat memperbaiki proses pem- belajaran dan apakah metode field trip dapat memperbaiki produk pembelajaran?Jenis penelitian yang dilakukan adalah PTK melalui metode field trip. Penelitian di- laksanakan dua siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV-A SDN Tambakaji 04, Kota Semarang yang berjumlah 35 siswa terdiri atas 18 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yaitu teknik tes dan nontes. Analisis data melalui teknik kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran menjadi lebih baik yang tampak pada: (1)keterampilan guru pada siklus 1 memperoleh skor rata-rata 26 dengan kategori baik, pada siklus 2 meningkat menjadi 32 dengan kategori sangat baik; (2)aktivitas siswa siklus 1 memperoleh rata-rata skor sebesar 16,03 dengan kategori baik, pada siklus 2 meningkat menjadi 23,26 dengan kategori sangat baik. Produk siswa juga meningkat yang tampak pada ketuntasan belajar siswa pada siklus 1 sebesar 77% dan meningkat pada siklus 2 menjadi 89%.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/9115
    Collections
    • Prosiding Seminar Nasional dan Call for Papers Pendidikan 2017 (PGSD UMS & HDPGSDI Wilayah Jawa)

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV