dc.identifier.citation | Abdi, A. (2004). Senyum guru matematika dan upaya bangkitkan gairah siswa. [Online]. Tersedia: http://www.waspada.co.id/serba_ser bi/pendidikan/ artikel.php?article_id=6722 Arends, R.I. (2004). Learning to teach. New York: Mc Graww Hill, Co. Inc. Darhim (2004). Pengaruh pembelajaran matematika kontekstual terhadap hasil belajar dan sikap siswa sekolah dasar kelas awal dalam matematika. Disertasi pada PPs Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung: Tidak diterbitkan. DePorter, Bobbi, dkk. (2000). Quantum teaching: mempraktikkan quantum learning di ruang-ruang kelas. Bandung: Kaifa. Evans, James R. (1991). Creative thinking in the decision and management sciences. Cincinnati: South-Western Publishing Co. Fraenkel, J.C. dan Wallen, N.E. (1993), How to design and evaluate research in education (2 nd edition). New York: McGraw-Hill Inc. Hulukati, E. (2005). Mengembangkan kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah siswa smp melalui pembelajaran generatif. Disertasi PPs UPI Bandung: Tidak dipublikasikan. Hythecker, V.I.; Dansereau, D.F.; & Rocklin, T.R. (1988). An analysis of the processes influencing the stuctured dyadic learning environment. Educational Psychologist, Vol. 23, pp. 23-37. Ibrahim (2011). Peningkatan kemampuan komunikasi, penalaran, pemecahan matematis, serta kecerdasan emosional, melalui pembelajaran berbasis masalah pada siswa sekolah menengah atas. Disertasi pada SPs Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung: Tidak diterbitkan. Jennings, S. dan Dunne, R. (1998)Discussion papers. Tersedia: http://www.ex.ac.uk/telematics/T3/m aths/mathfram.htm Maier, H. (1985). Kompedium didaktik matematika. Bandung: CV. Remaja Karya. Maulana (2007). Alternatif pembelajaran matematika dengan pendekatan metakognitif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa PGSD. Tesis pada Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung: Tidak diterbitkan. Maulana (2011). Mathematical creative thinking which is necessary. Proceeding the 2 nd International Conference on Basic Education, Indonesia University of Education, 28-29 October 2011. Pomalato, S.W.D. (2005). Pengaruh penerapan model trefinger dalam mengembangkan kemampuan kreatif dan pemecahan masalah matematika siswa kelas ii sekolah menengah pertama. Disertasi pada SPs Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung: Tidak diterbitkan. Resnick, L.B. (1987). Education and learning to think. CRMSTE. Tersedia: http://www.nap.edu/catalog/1032.ht ml [12 Desember 2010] Rif’at, M. (2001). Pengaruh pola-pola pembelajaran visual dalam rangka meningkatkan kemampuan menyelesaikan masalah-masalah matematika. Disertasi pada Sekolah Pasca Sarjana UPI : tidak diterbitkan Ruseffendi, E.T. (1992). Pengantar kepada: membantu guru mengembangkan kompetensinya dalam pengajaran matematika untuk meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito. Ruseffendi, E.T. (2003). Dasar-dasar penelitian pendidikan dan bidang eksakta lainnya. Semarang: Unnes Press. Santyasa, I.W. (2008). Pembelajaran berbasis masalah dan pembelajaran kooperatif. Makalah pada Pelatihan tentang Pembelajaran dan Asesmen Inovatif bagi Guru-Guru Sekolah Menengah di Kecamatan Nusa Penida, tanggal 22 - 24 Agustus 2008 di Nusa Penida. Sapa’at, A. & Maulana (2005). Penggunaan metafora dalam pembelajaran ipa. Proceeding Seminar Nasional IPA Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia. ISBN: 97999232-1-2. Siegel, S. & Castellan, N.J. (1988). Nonparametric statistics for the behavioral sciences. New York: McGraw-Hill. Siswoyo, T.Y.E. (2004). Identifying creative thinking process of students through mathematics problem posing. Proceeding of the International Conference on Statistics and Mathematics and Its Application in the Development of Science and Technology, Bandung Islamic University, October 4-6, 2004, pp. 85 – 89. Slettenhaar (2000). Adapting realistic mathematics education in the Indonesian context. Majalah Ilmiah Himpunan Matematika Indonesia (Prosiding Konferensi Nasional Matematika X ITB, 17-20 Juli 2000). Sumarmo, U. (2011). Pendidikan budaya dan karakter serta pengembangan berfikir dan disposisi matematik: pengertian dan implementasinya dalam pembelajaran. Makalah disajikan dalam Seminar Pendidikan Matematika di Universitas Siliwangi Tasikmalaya, pada tanggal 15 Oktober 2011. Suryadi, D. (2005). Penggunaan pendekatan pembelajaran tidak langsung serta pendekatan gabungan langsung dan tidak langsung dalam rangka meningkatkan kemampuan berpikir matematik tingkat tinggi siswa sltp. Disertasi SPs UPI Bandung: Tidak diterbitkan. Suryadi, D. (2010). Didactical Design Research (DDR)dalam pengembangan pembelajaran matematika. Makalah Seminar Nasional Pembelajaran MIPA di UM Malang, 13 November 2010. Wahab, A. A. (1996). Pendidikan kewarganegaraan. Jakarta: Depdikbud. Wahyudin (1999). Kemampuan guru matematika, calon guru matematika, dan siswa dalam mata pelajaran matematika. Disertasia pada Sekolah Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung: Tidak diterbitkan. Wardani, S. (2009). Pembelajaran inkuiri model silver untuk mengembangkan kreativitas dan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMA. Disertasi pada SPs UPI Bandung: Tidak dipublikasikan. | in_ID |