• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Pendidikan
    • Prosiding Seminar Nasional dan Call for Papers Pendidikan 2017 (PGSD UMS & HDPGSDI Wilayah Jawa)
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Pendidikan
    • Prosiding Seminar Nasional dan Call for Papers Pendidikan 2017 (PGSD UMS & HDPGSDI Wilayah Jawa)
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Studi Pengelolaan Kurikulum Program Inklusi di MIM PK Kartasura

    Thumbnail
    View/Open
    29.pdf (177.5Kb)
    Date
    2017-05-13
    Author
    Amalia, Nur
    Hutami, Endah Retno
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Surakarta sebagai kota ramah anak menginisiai daerah-daerah se-Solo Raya untuk mengembangkan pendidikan-pendidikan yang mampu mengakomodasi semua anak tanpa terkecuali. Hal tersebut melatar-belakangi pengembangan sekolah menjadi sekolah inklusi atau memiliki program pendidikan inklusi. Pada penelitian ini, tujuannya antara lain untuk mengetahui (1)jenis anak berkebutuhan khusus (ABK)(2)detail pengelolaan kurikulum program inklusi. (3)stakeholder dalam desain kurikulum program dan keterlibatan mereka, dan (4)implementasi kurikulum pendidikan inklusi dalam kegiatan pembelajaran untuk ABK, di MIM PK Kartasura. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini termasuk penelitian studi kasus yaitu menganalisa secara mendalam dan mengidentifikasi subyek-subyek dengan cara menyimpulkan sebagai hasil analis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1)beberapa ABK yang terdapat di MIM PK Kartasura tergolong Autis, Down sydrom, Gangguan Praksis, Kesulitan belajar, dan Cerebral Palsy, (2)Dalam penyelenggaraannya, MIM PK Kartasura masih menggunakan kurikulum reguler, kurikulum pemerintah, yang dimodifikasi sesuai kebutuhankebutuhan khusus setiap ABK dan hasil asesmen kemampuan yang dimiliki setiap individu ABK, (3)stakeholder dalam penyusunan kurikulum pendidikan inklusi diantaranya adalah Terapis “Happy House”, Orangtua, Guru Kelas/Guru mata pelajaran, Guru Pendamping khusus, dan Kepala Sekolah, dengan tugas dan fungsi yang telah dikelola oleh Kepala Sekolah, (4)implementasi kegiatan pembelajaran untuk ABK berbentuk model klasikal oleh guru kelas/guru mata pelajaran, dimana ABK didampingi guru pendamping dan pada kegiatan individual task, ABK diberi kegiatan yang telah didesain secara khusus sesuai kebutuhan dan kemampuan ABK.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/9124
    Collections
    • Prosiding Seminar Nasional dan Call for Papers Pendidikan 2017 (PGSD UMS & HDPGSDI Wilayah Jawa)

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV