Analisis Karya Keterampilan Dua Dimensi Teknik Montase: Studi Kasus Pembuatan Bahan Ajar Bagi Guru Sekolah Dasar di SD Muhammadiyah Gendol 7 Sleman Yogyakarta
Abstract
Tujuan dari penulisan ini adalah membantu guru sekolah dasar dalam membuat bahan ajar
berbasis seni dan budaya dengan teknik montase, sehingga diperoleh suatu hasil yang pada umumnya
disebut hasil pengajaran dan dapat menjabarkan materi pokok menjadi bahan ajar yang lengkap.
Metode yang digunakan adalah kualitatif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah
studi kasus praktik pembuatan karya keterampilan oleh guru-guru sekolah dasar daerah tertentu.
Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri atas observasi, wawancara,
dan studi dokumen. Teknik triangulasi digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi sumber,
artinya proses pengujian dilakukan dengan cara memeriksa data yang telah diperoleh melalui
berbagai sumber. Berbagai sumber yang diperoleh selanjutnya dideskripsikan, dikategorikan, dan
dianalisis sehingga menghasilkan suatu kesimpulan. Hasil penelitian yang dicapai adalah guru
mampu membuat bahan ajar berupa karya keterampilan berbasis seni dan budaya melalui media dua
dimensi.