Mengefektifkan Peranan Guru Berbasis Kompetensi Melalui Model Covey
Abstract
Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk: (1)memberikan salah satu alternatif konsep cara
mengefektifkan peranan guru berbasis kompetensi melalui model Covey; (2) Mendeskripsikan kendala
dan solusi dalam mengefektifkan peranan guru berbasis kompetensi melalui model Covey. Artikel ini
merupakan hasil penelitian kualitatif dengan metode studi kasus untuk mengungkap kendala dan
solusi dari sebuah upaya mengefektifkan peran guru berbasis kompetensi melalui model Covey.
Penelitian dilaksanakan pada tiga Sekolah Dasardi Kabupaten Kebumen, yaitu: SD Negeri 1
Kutosari, SD Negeri 5 Kutosari, dan SD Negeri Tambakprogaten.Subjek penelitian ialah guru SD
berjumlah 31 orang. Temuan penelitian menunjukkan bahwa model covey sangat efektif untuk
mengoptimalkan peran guru dalam memberikan layanan pembelajaran kepada siswa. Hasil maksimal
ditemukan di sekolah terakreditasi A. Setelah di sekolah terakreditasi B, maka C. Hal ini dipengaruhi
oleh ketersediaan sarana dan prasarana yang memadai.