Efektivitas Perhatian Orangtua dan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas Tinggi SDM 15 Surakarta Tahun 2016/ 2017
Abstract
ujuan penelitian ini untuk mengetahui (1)Efektivitas perhatian orangtua dan fasilitas belajar terhadap prestasi
belajar siswa kelas tinggi SD Muhammadiyah 15 Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017, (2)Efektivitas
perhatian orangtua terhadap prestasi belajar siswa kelas tinggi SD Muhammadiyah 15 Surakarta Tahun
Pelajaran 2016/2017, (3)Efektivitas fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas tinggi SD
Muhammadiyah 15 Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017.Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain
survei.Hasil analisis data dengan taraf signifikansi 5% diperoleh: (1)Perhatian orangtua dan fasilitas belajar
memiliki efektivitas yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas tinggi. Hal ini berdasarkan persamaan
regresi linier berganda Y = 38,309 + 0,226 X
1
+ 0,202 X
2
dimana masing-masing koefisien regresi dari masingmasing
variabel bernilai positif dengan koefisien determinasi (R
2
) sebesar 0,338 atau 33,8%. (2)Perhatian
orangtua memiliki efektivitas terhadap prestasi belajar siswa kelas tinggi. Hal ini berdasarkan uji t diperoleh
t
hitung
> t
tabel
yakni 2,514 > 2,037 dan nilai signifikansi < 0,05 yakni 0,017 < 0,05. Sedangkan sumbangan relatif
sebesar 55% dan sumbangan efektif sebesar 18,59%. (3)Fasilitas belajar memiliki efektivitas terhadap prestasi
belajar siswa kelas tinggi. Berdasarkan uji t diperoleh t
hitung
> t
tabel
yakni 2,208 > 2,037 dan nilai signifikansi <
0,05 yakni 0,035 < 0,05. Sedangkan sumbangan relatif sebesar 45% dan sumbangan efektif sebesar 15,21%.
Dapat disimpulkan bahwa perhatian orangtua memiliki efektivitas lebih besar terhadap prestasi belajar siswa
kelas tinggi SD Muhammadiyah 15 Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017.